Ukuran Kertas Folio dalam mm, cm dan inci, Serta Kegunaannya

Di Indonesia, selain kertas berukuran A4, ukuran kertas folio juga banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Kertas folio juga disebut dengan kertas F4. Jika dibandingkan dengan kertas A4, kertas folio ini mempunyai ukuran yang lebih panjang dan sedikit lebih lebar. Biasanya, beberapa tempat fotokopi juga menyediakan kertas dengan ukuran F4. Ini berarti di dalam masyarakat, permintaan kertas F4 cukup tinggi. Ukuran Kertas Folio

Kehadiran kertas dalam dunia modern memang memudahkan segala urusan. Sebelum hadirnya mesin cetak, kertas digunakan untuk media menulis dan menggambar. Setelah kehadiran mesin cetak, kertas tak hanya berfungsi untuk media menulis dan menggambar saja. Kertas juga digunakan untuk mencetak dokumen-dokumen digital. Ukuran kertas folio sendiri juga banyak digunakan untuk kebutuhan perkantoran, sekolah, juga perkualiahan.

Dalam hal ini, Anda juga perlu mengetahui berapa ukuran dari kertas folio ini. Hal ini berguna untuk menyesuaikan ukuran dokumen digital dengan ukuran media cetaknya. Jika keduanya memiliki ukuran yang selaras, file digital yang akan dicetak pun akan lebih prefisi. Lalu, berapa sih ukuran kertas folio? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini!

Ukuran Kertas Folio dalam Milimeter, Centimeter, dan Inci

 Kertas folio dalam mmKertas folio dalam cmKertas folio dalam inci
Ukuran Kertas Folio210 x 330 mm21.0 x 33.0 cm8.27 x 12.99 inci

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kertas folio juga menjadi salah satu jenis kertas yang banyak dibutuhkan oleh semua kalangan. Ukuran kertas ini tentu berbeda dengan ukuran kertas A4. Berikut ini adalah rincian ukuran untuk kertas folio. Pertama, jika dinyatakan dalam satuan milimeter, kertas folio mempunyai ukuran 210 x 330 mm. Kedua, jika dinyatakan dalam satuan centimeter, kertas Folio mempunyai ukuran 21.0 x 33.0 cm. Terakhir, dalam satuan inci, kertas Folio mempunyai ukuran 8.27 x 12.99 inci.

Ukuran yang disebutkan di atas merupakan ukuran standar internasional. Itu berarti ukuran kertas folio tersebut tak hanya berlaku di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Jadi, jika Anda mencari kertas folio di luar negeri, Anda pun akan mendapatkan kertas dengan ukuran yang sama.

Kegunaan Kertas Folio

Di Indonesia, standar kertas yang banyak dipakai dalam dunia percetakan adalah kertas A4. Meski begitu, bukan berarti kertas Folio ini tidak laku. Kertas jenis ini juga banyak diminta oleh masyarakat. Kertas folio banyak dipakai untuk membuat laporan. Tak hanya itu, kertas dengan ukuran yang memanjang ini juga banyak dipakai untuk membuat lembar kerja, soal-soal latihan, formulir pendaftaran, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi, jangan anggap kertas ini tidak penting ya.

Tak hanya di Indonesia, kertas ini juga populer di berbagai negara di Asia Tenggara. Negara Indonesia memang terkenal sebagai negara yang paling sering menggunakan kerta berukuran F4. Belakangan ini, negara-negara lain di Asia Tenggara juga mengalami kenaikan permintaan untuk kertas berukuran F4.

Fakta Unik tentang Kertas Folio

Sebagai salah satu jenis kertas yang banyak dipakai di Indonesia, ada beberapa fakta unik tentang awal mula munculnya ukuran kertas ini. Simak yuk beberapa hal unik tentang kertas Folio berikut ini.

  • Ukuran Kertas Folio Tak Tersedia di Microsoft Office

Jika Anda mencari ukuran standar yang ada di microsoft office, Anda tidak akan menemukan ukuran untuk kertas folio. Tak hanya di microsoft office, ukuran kertas ini juga tak tersedia dalam pengaturan mesin printer. Jadi, Anda harus melakukan pengukuran manual supaya bisa mendapatkan ukuran kertas F4 ini.

Folio di Microsoft Office

Jadi, meskipun banyak digunakan di Indonesia dan Asia Tenggara, dunia internasional masih belum menjadikan kertas folio sebagai ukuran standar dokumen. Oleh karena itu, jangan heran jika di palikasi pengolah kata juga di pengaturan printer tidak ada ukuran default untuk F4.

  • Ukuran Kertas F4 Hampir Serupa dengan Standar Arsitektur

Asal Anda tahu, standar arsitektural series mempunyai sistem penentuan kertas sendiri untuk membuat desain arsitektur. Kertas F4 ini diklaim hampir sama dengan ukuran Arch A. Ukuran Arch A sendiri adalah 9 x 12 inci.
Dalam dunia artsitektur, seri arsitektur terbagi dalam ukuran kertas tertentu, yaitu satu kertas yang mengahasilkan dua potong kertas berukuran lebih kecil. Dalam hal ini, kertas F4 cukup disukai oleh para arsitektur Amerika karena memiki rasio sekitar 3 banding 2.

  • Ukuran Kertas Folio Muncul Karena Banyak Permintaan dari pasar

Tak dapat dipungkiri bahwa kertas folio memang sangat populer di Indonesia. Permintaan jenis kertas yang beragam dari masyarakat serta instansi membuat pada produsen kertas memproduksi kertas dengan ukuran F4. Ukuran kertas ini kemudian populer di Asia Tenggara dan merambat ke Amerika Serikat, Meksiko, dan juga Kanada.

Demikian adalah penjelasan lengkap tentang ukuran kertas folio dan juga kegunaannya. Pada ulasan kali ini, pembahasan kertas folio juga dilengkapi dengan beberapa fakta uniknya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply