Ukuran Kertas F4 dalam mm, cm dan inci, Juga Tips Memilihnya

Banyak yang masih bingung tentang ukuran kertas F4. Di Indonesia, memang ada banyak sekali jenis-jenis kertas yang disa ditemukan di pasaran. Jenis kertas yang paling banyak dipakai adalah kertas A4 atau yang sering disebut dengan kuarto. Lalu, jenis kertas kedua yang juga cukup banyak digunakan adakah kertas F4 atau yang sering kita sebut dengan ukuran kertas folio. Nah, meski cukup banyak digunakan, Banyak orang yang masih bingung lho tentang berapa sebenarnya ukuran riil kertas F4. Apakah Anda juga demikian?

Ukuran Kertas F4

Untuk orang yang bergelut di bidang percetakan atau fotokopi, mereka pasti sudah tidak asing lagi dengan kertas folio. Untuk orang awam, kita mengenal kertas folio dalam dua macam, yaitu kertas folio bergaris dan kertas folio polos. Untuk tugas-tugas sekolah maupun kuliah yang harus ditulis tangan, Anda biasanya diharuskan menggunakan kertas folio bergaris. Untuk kebutuhan cetak, biasanya menggunakan kertas folio polos. Baik yang bergaris maupun yang polos sama-sama mempunyai ukuran kertas F4 yang sama.

Ukuran Kerta F4

Ukuran KertasDalam mmDalam cmDalam inci
Ukuran Kertas F4210 x 330 mm21 x 33 cm8.27 x 12.99 inci

Kali ini, kita akan masuk ke pembahasan tentang berapa ukuran riil kertas F4 atau kertas folio. Jika Anda terbiasa menggunakan kertas A4, maka kertas F4 ini sedikit lebih panjang. Ukuran kertas A4 adalah 210 x 297 mm, sementara ukuran kertas F4 adalah 210 x 330 mm. Lebarnya hanya selirih sedikit. Akan tetapi, selisih panjangnya cukup lumayan.

Di Indonesia sendiri, standar percetakan memang menggunakan kertas A4. Meski begitu, permintaan kertas folio tetap tinggi. Untuk Anda yang ingin mencetak dokumen digital menggunakan kertas F4, Anda harus lebih teliti. Mengapa? Karena pada aplikasi Microsoft Word, entah yang keluaran lama atau yang paling baru, tidak ada ukuran margin 210 x 330 mm. Jadi, Anda harus mengatur kembali ukuran kertas secara custom agar dokumen yang dicetak tidak berantakan.

Ukuran kertas F4 yang disebutkan di atas adalah ukuran dalam bentuk milimeter, yaitu 210 x 330 mm. Jika diubah menjadi satuan centimeter, maka hasilnya adalah 21 x 33 cm. Lalu, jika diubah menggunakan satuan inci, ukurannya adalah 8.27 x 12.99 inci.

Tips Memilih Kertas F4

Jika saat ini Anda sedang membutuhkan banyak stok kertas F4 atau sedang ada rencana untuk membuka usaha fotokopi, Anda harus bisa memilih kertas F4 yang punya kualitas bagus. Meski ukuran kertas F4 di Indoensia sudah cukup standar, ada juga beberapa produsen yang mempunyai ukuran sendiri untuk kertas F4, seperti contohnya PaperOne yang memakai ukuran 216 x 330 mm untuk kertas F4.

Ukuran Kertas F4

Lalu, bagaimana tips memilih kertas yang baik? Untuk memberikan penjelasan yang detail pada Anda, silahkan simak uraian berikut.

  • Perhatikan Merk

Ada banyak sekali merk kertas yang ada di pasaran. Untuk mendapatkan merk kertas yang terbaik untuk Anda, silahkan kenali beberapa merk. Masing-masing merk kertas tentu mempunyai kualitas yang berbeda-beda. Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, mungkin antara merk A dengan Merk B juga punya ukuran kertas folio yang berbeda.

Nah, agar tidak salah pilih, coba survey dulu beberapa merk kertas. Cari tahu bagaimana spesifikasinya, harganya, juga ukuran kertasnya. Setelah itu, Anda bisa memilih kertas yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Perhatikan Gramasi

Kertas F4 juga tersedia dalam beberapa gramasi. Gramasi sendiri merupakan berat dari kertas. Berat ini mempengaruhi ketebalannya. Dalam dunia percetakan, gramasi sering disebut dengan GSM. Untuk gramasi kertas F4, ada banyak sekali ukuran yang bisa Anda pilih. Umumnya, yang paling banyak digunakan di pasaran adalah kertas F4 dengan gramasi 70 gram. Akan tetapi, ada juga kertas dengan gramasi 60 gram dan 80 gram.

Untuk mencetak dokumen-dokumen penting, misalnya untuk kebutuhan perkantoran atau perkuliahan, jenis kertas yang dipakai adarah F4 dengan gramasi 80 gram. Lalu, untuk kebutuhan umum di fotokopian, biasanya yang paling sering digunakan adalah jenis 60 gram dan 70 gram.

  • Perhatikan Bahan dan Warna

Beberapa produsen kertas F4 juga menyediakan berbagai pilihan warna, lho. Untuk jenis kertas HVS, warna standar yang tersedia adalah putih. Untuk jenis kertas buffalow, pilihan warnanya cenderung lebih banyak. Hampir semua warna tersedia jika Anda memilih kertas buffalo. Jenis kertas HVS atau Buffalow ini dibedakan berdasarkan material pembuatannya. Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang jenis-jenis kertas berdasarkan bahannya.

Demikian adalah penjelasan mengenai kertas F4. Tak hanya populer di Indonesia, kertas F4 juga dipakai di berbagai negara, lho. Di Amerika Serikat, misalnya, juga menggunakan kertas F4 yang sering disebut dengan kertas ukuran legal. Akan tetapi, ukuran Legal dengan ukuran kertas F4 ada selisih 1 inci untuk panjangnya. Setelah menyimak informasi ini, diharapkan Anda sudah bisa mengenali kertas F4, baik dari ukuran maupun bagaimana cara memilih kertas dengan kualitas terbaik.

Leave a Reply