Ukuran Kertas A0 Dalam mm, cm, inci & Penggunaanya

Ukuran Kertas A0 – Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar ukuran kertas seri A, yang paling sering kita gunakan adalah kertas ukuran kertas A4 dan A3. Namun sebenarnya ada banyak macam dan ukurannya dari kertas A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7,A8, A9, A10 dan lain-lain. Macam-macam ukuran tersebut memiliki berbagai fungsi dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari.

Ukuran Kertas A0

Kali ini kita akan membahas lebih lanjut soal ukuran kertas A0, baik dalam centimeter, millimeter maupun inci serta fungsi dan kegunaannya dalam keseharian kita. Namun sebelum melangkah lebih lanjut, ada baiknya kita mengerti terlebih dulu pengertian kertas seri A.

Pengertian

Seri A merupakan standard international ISO-216, yang didasarkan pada standar German DIN-476 yang merupakan perbandingan dari akar 2 atau mendekati 1: 1.4142. Intinya, ukuran kertas seri A merupakan ukuran standar yang sudah ditentukan oleh International Standardization Organization (ISO) atau Organisasi Standarisasi Internasional.

Ukuran Kertas A0

Ukuran KertasDalam mmDalam cmDalam inci
Ukuran Kertas A0841 mm x 1189 mm84,1 cm x 118,9 cm33,11 inci x 46,81 inci

Ukuran kertas A0 adalah ukuran terbesar dalam kertas seri A. Angka yang menyertai huruf A berarti setengah dari ukuran kertas terbesar. Misalnya, Ukuran A1 memiliki ukuran setengah dari A0, ukuran kertas A2 adalah setengah dari ukuran kertas A1 dan seterusnya. Dengan ukuran yang besar, kertas A0 tidak banyak dijual di pasaran dan penggunaannya terbatas.

  • Ukuran dalam Centimeter

    Kertas A0 memilki ukuran 84,1 x 118,9 cm. Artinya, panjang kertas A0 adalah 118,9 cm sedangkan lebarnya 84,1 cm.

  • Ukuran dalam millimeter

    Kertas A0 memiliki ukuran 841 x 1189 mm.

  • Ukuran dalam inci

    Kertas A0 memiliki ukuran 33,11 x 46,81 inci.

Penggunaan Kertas A0

Seperti sudah disinggung di awal, bahwa penggunaan kertas A0 sangat jarang ditemukan karena ukurannya yang sangat besar. Kertas A0 biasanya adalah merupakan bahan baku pembuatan kertas HVS yang kemudian dipotong-potong menjadi ukuran standar seperti A3 dan A4. Pemanfaatan langsung kertas A0 juga sangat jarang ditemui.

Pasalnya, sepertinya belum ada printer yang mampu mencetak kertas dengan ukuran sebesar kertas A4 untuk kebutuhan tulis menulis maupun percetakan. Pemanfaatan kertas A0 untuk tulis menulis bisa dilakukan untuk menutupi papan tulis, lalu kita menulis di atas permukaan kertas. Namun sepertinya orang lebih memilih menulis di papan tulis daripada melakukan hal demikian.

Sementara untuk pembuatan bahan baku kertas HVS atau kertas lainnya, kertas A0 dipotong kecil-kecil menjadi ukuran A4 dan A3. Ukuran ini paling sering kita jumpai sebagai kertas untuk kebutuhan tulis menulis, buku gambar dan percetakan. Untuk harga kertas A0 sendiri adalah Rp 220.000 per rol. Sama seperti kertas HVS, kertas A0 juga memiliki berbagai pilihan berat yakni 70 gr, 80 gr dan 90 gr.

Membuat Ukuran Kertas A0 di Microsoft Word

Saking besarnya ukuran kertas A0, sebenarnya tidak ada jenis kertas ini dalam pilihan kertas yang ada di Microsoft Word, baik itu Microsoft Word 2003, 2007, 2010 hingga 2013. Untuk membuat pengaturan ukuran kertas A0, anda harus melakukan pengaturan manual, yakni memasukkan ukuran kertas tersebut pada menu Paper Size.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengarahkan kursor pada Tab Page Layout. Pilih “Size”, lalu kemudian klik “More Paper Size”. Setelah itu akan muncul laman Page Set Up di layar komputer atau laptop anda. Klik Custom Size karena kita akan mengganti ukuran kertas secara custom.

Custom Size

Masukkan width (lebar) dan height (tinggi atau panjangnya) sesuai dengan ukuran kertas A0 yang tadi kita bahas di atas.

Leave a Reply