Pengertian Komputer, Fungsi, dan Kegunaannya

Pengertian Komputer – Komputer merupakan sebuah alat yang biasanya dipakai untuk mengolah sebuah data menurut rumus, perintah atau prosedur. Pengertian Komputer ini berawal dari sebuah penggambaran sebuah individu dengan beberapa pekerjaannya. Pekerjaannya tersebut seputar perhitungan aritmetika, yang memakai alat bantu tertentu. Dahulu, sejarah pengolahan informasi, tentu sangat erat kaitannya dengan kegiatan dan masalah aritmetika. Seiring berkembangnya zaman, otomatis fungsi aritmatika atau matematika, tidak selalu identik dengan fungsi komputer ini.

Pengertian Komputer

Aspek Komputer

Sejauh ini, komputer menjadi sarana mesin atau sebuah alat yang berhubungan dengan setiap aspek kehidupan. Hausnya informasi, membuat komputer sangat dibutuhkan untuk menemani kehidupan sehari- hari. Kata Komputer zaman dulu, bila diartikan secara umum adalah sebuah alat hitung. Terdapat tokoh yang bernama Charles Babbage. Dirinya diinisialir menjadi seorang penemu dari sebuah mesin hitung dan mendesainnya untuk kepentingan pengetahuan.

Jenis Komputer

Mesin Komputerpun ternyata dibagi ke beberapa bagian. Dimana bagian tersebut, memiliki jenis dan fungsi yang berbeda. Maka bagian tersebut yaitu:

  1. Komputer Benam (Mainframe)

Pengertian komputer yang satu ini, dikenal dengan istilah “mikrokontroller” atau bisa disebut “komputer benam” (embedded computer). Komputer Benam tersebut, merupakan salah satu aspek elektronik dan digital, yang memang sering kita temukan dalam kehidupan sehari- hari. Namun, fungsinya sangat spesifik. Contoh dari komputer benam adalah, oven mikrowave, telepon rumah atau telepon seluler. Dimana semua alat tersebut sangat membutuhkan sistem operasinya masing-masing.

  1. PC Atau Komputer Pribadi

Komputer yang satu ini merupakan komputer yang umumnya dimiliki oleh setiap orang. PC atau personal computer tentu sangat akrab bagi setiap milenial yang hidup di tahun 90-an sampai sekarang. Setelah mendekati 30 tahun, komputer akrab di masyarakat Indonesia. Komputer pun mengalami evolusi, yang asalnya sangat besar, menjadi sebuah alat yang bisa kita bawa kemana- mana.

Dahulu, komputer memiliki ukuran sebesar bengkel mobil, atau satu gudang. Meski demikian fungsinya hanya mampu mengetik beberapa kata saja. Saat ini, computer telah berubah menjadi perangkat kecil digital, yang mungkin bisa Anda gunakan kemana- mana di setiap aktivitas anda. Yang dimaksud dengan komputer tersebut antara lain adalah Android. Android kini menjadi sebuah perangkat komputer sederhana, yang sangat fleksibel. Dimana kegunaan komputer yang multifungsi di gabungkan dengan aspek multimedia dan komunikasi.

Komponen-komponen Komputer

Dalam suatu komputer, terdiri dari beberapa aspek yang saling terhubung dalam jaringan simbiosis mutualisme. Komponen tersebut antara lain adalah:

  1. Processor sebagai otak dari komputer
  2. Memory sebagai alat pembantu untuk mempercepat proses
  3. Motherboard, dudukan atau papan penghubung, semua komponen komputer
  4. Casing, pelindung komputer
  5. Power Supply, sumber daya komputer
  6. CD ROM, alat bantu untuk membaca sebuah CD
  7. Monitor, layar tampilan dari komputer
  8. VGA, Alat untuk memperbagus tampilan layar pada komputer
  9. Hardisk, tempat penyimpanan data-data dan sistem operasi komputer

Komponen-komponen pada komputer

Memori Dalam Komputer

Memori dalam komputer mengandung sel-sel informasi untuk mempercepat sebuah informasi tersebut mengalir. Memori dalam komputer ini, menyimpan beberapa data yang banyak, sehingga bisa diartikan sebagai tim pembantu dari tugas utama. Tugas utama antara lain, yaitu kinerja otak dari prosessor ke dalam hardis atau gudang penyimpanan. Analoginya, memori di komputer ini, adalah tim pembantu, agar sistem informasi yang ada di dalam hardisk dapat diolah dengan cepat. Sehingga, semakin besar kapasitas memori, akan semakin cepat pemrosesannya.

Memory Komputer

Pemprosesan Sebuah Komputer

Otak Pusat atau CPU (Central processing Unit), tentu mempunyai peran seperti otak. Jadi CPU ini, bertugas mengkoordinir sebuah data agar tetap teratur. Selain itu, CPU ini juga berperan penting untuk memerintah data yang langsung dipakai oleh pengguna. CPU mengkordinir perintah dari proses data perangkat lunak dengan perangkat keras. Sehingga, pengguna dapat menggunakan tujuan, sesuai yang diinginkan. Dalam Prosessor, terdiri dari sistem logika pemrosesan. Hal tersebut dinamakan Unit Aritmatika dan Logika, yang biasanya disebut Arithmetic Logic Unit (ALU).

Sebuah Instruksi Perpindahan

Mungkin kita sudah mengetahui, istilah Copy atau Paste. Sistem pindah, penyalinan dan penempatan tersebut sebenarnya bukan berarti diartikan sebagai seseorang yang memperkerjakan kurir untuk menyampaikan sebuah pesan. Sebuah Instruksi ini, yaitu sebuah instruksi khusus untuk menyalin sebuah data sehingga kita mampu mengenal istilah Copy, Paste dan Cut.

Sebagai contohnya, bila kita mempunyai sebuah data dalam sebuah komputer, dan ingin dipindahkan ke komputer yang lain, maka kita butuh alat perantara. Alat tersebut pada umumnya menggunakan alat eksternal atau internal. Maka proses yang dilakukan sebenarnya adalah kemampuan perangkat untuk menyalin data tersebut. Data-data tersebut bukan dipindahkan melainkan dibuat ulang atau dibuat salinannya. Maka kecepatan penyalinan data akan dipengaruhi oleh kecanggihan sebuah perangkat.

Tentunya hal ini membutuhkan proses yang tidak sebentar. Karena peneliti dalam dunia Informasi Teknologi selalu mengembangkannya di tiap tahunnya sehingga secara garis besar, kita dapat menikmati kenikmatan teknologi berkat jasa-jasa para peneliti dan penemu yang dengan susah payah menciptakan sebuah evolusi teknologi. Untuk menghargai jasa para penemu teknologi, alangkah baiknya kita membeli program-program secara orginal dan bukan program-program bajakan.

Bagian-bagian Inti dalam Komputer

Pada dasarnya bagian komputer dikenal menjadi 2 bagian besar. Bagian tersebut dikenal sebagai perangkat lunak atau Software dan juga perangkat keras atau Hardware. Tentu saja pengertian komputer dari kedua bagian tersebut bukan diterjemahkan secara harfiah, namun lebih ke penamaan simbol yang mewakilkan sistem kerjanya.

  1. Perangkat Keras Atau Hardware

Perangkat Keras Atau Hardware

Perangkat keras yaitu merupakan sebuah bentuk fisik dari sebuah komputer. Bentuk fisik tersebut yaitu terdiri dari CPU, Monitor, RAM, Hard Drive, Keyboard, Mouse dan Pendingin. Hal tersebut mungkin sudah di paparkan secara umum di atas. Logikanya, Hardware adalah sebuah benda yang terlihat, yang mencerminkan sebuah alat komputer.

  1. Perangkat Lunak Atau Software

Perangkat Lunak Atau Software

Perangkat Lunak atau Software merupakan kegunaan dari perangkat keras, seperti yang di paparkan diatas. Contohnya, bila sebuah perangkat keras diartikan sebagai sebuah fisik dari bentuk otak, maka software adalah fungsi otak tersebut. Fungsi otak bisa saja dari bentuk pemikiran, pemahaman dan kebutuhan.

Perangkat lunak terdiri dari 2 jenis, Yaitu:

  • Sistem Operasi

    Sistem Operasi ini sebagai salah satu jenis sistem yang akan di gunakan pada sebuah komputer. Contohnya Microsoft Windows, Linux, Macintosh OS dari Apple. Semakin canggih sistem operasi, maka fungsi Otak dari sebuah komputer harus bisa mengimbanginya. Sehingga bila kita ingin memakai sistem operasi tercanggih, harus di dukung dengan kualitas hardware yang baik pula.

  • Program Komputer

    Selanjutnya adalah program yang berisi perintah apa saja yang akan dipergunakan oleh pengguna komputer. Program terdiri dari sel-sel data sesuai kebutuhan.

Kelebihan & Keunggulan Komputer

Kelebihan Komputer tentu masih seputar dengan kebutuhan manusia. Maka kelebihan tersebut pada dasarnya, yaitu:

  • Mampu memberikan akses atau tingkat kecepatan informasi yang kita butuhkan sehingga kita dapat bekerja dengan efektif.
  • Sebagai salah satu tempat penyimpanan data yang tidak memakai ruang fisik terlalu besar. Contohnya bila dahulu kala, setiap data akan dicatat dalam sebuah kertas, dan hal itu tentu saja akan menguras sumber daya alam, terlebih kertas dan tinta dibuat dengan sumberdaya alam, seperti kayu dan getah kayu.
  • Mempermudah pekerjaan, yang berhubungan dengan sistem Administrasi. Contohnya pekerjaan catat-mencatat sebuah keuangan, seperti pemasukan atau pengeluaran.
  • Sebagai pembantu akan saling tukar informasi. Internet sebagai salah satu aspek penting yang mampu membantu sebuah sarana informasi tersebar dan Internet tidak akan lepas dari sebuah komputer.

Kekurangan & Kelemahan Komputer

  • Biaya komputer tentu bukan biaya yang murah.
  • Komputer butuh asupan daya kelistrikan

Maka dengan penjelasan diatas, diharapkan bisa memahami fungsi, kegunaan dan juga pengertian komputer secara umum dan mendalam. Semoga saja perkembangan teknologi ini, terus berkembang pesat seiring kebutuhan- kebutuhan positif dari manusia.

Leave a Reply