Pengertian Email Beserta Perkembangan dan Fungsinya

Pengertian Email – Dengan berkembangnya sebuah teknologi di zaman modern seperti sekarang ini, tentu saja hal ini menjadi sebuah momok evolusi di dunia digital. Kemajuan teknologi di era digital ini disinyalir memiliki sejumlah keuntungan namun tidak terlepas juga dari dampak negatif yang ada. Informasi yang tergali dalam dunia digital, tentu tidak memiliki batasan dan yang lebih penting yaitu membuat sebuah sarana komunikasi tanpa batas contohnya dengan menggunakan fasilitas email. Pengertian Email sendiri sering diartikan sebagai salah satu penyampai pesan, namun tentu tidak sampai disitu saja.

Pengertian Email, Contoh beserta fungsinya

Indonesia dan Perkembangan Komunikasi Digital

Dengan adanya fasilitas Email, chat dan lainnya, maka sarana informasi dengan mudah kita dapatkan. Namun semuanya tidaklah selalu berada dalam ranah positif saja. Perspektif informasi memang tidak mengenal unsur positif atau negatif. Karena sebuah alat tergantung siapa yang memakainya. Oleh sebab itu, sebagai pengguna teknologi digital kita harus dapat menggunakan semua fasilitas yang ada dengan baik. Apalagi pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya mengawasi semua pergerakan digital untuk menciptakan masyarakat modern yang mampu bersaing di Asia.

Penggunaan Email tentu saja sudah tidak asing lagi. Sarana komunikasi ini dapat menyangkut kepentingan orang banyak, terutama bagi para pengguna Internet. Sejauh ini perkembangan Email sangatlah pesat. Terlebih setiap aplikasi menjadikan Email sebuah landasan pemberitahuan informasi atau perijinan akses.

Contohnya setiap akun jejaring sosial yang membutuhkan akun Email saat melakukan pendaftaran untuk notifikasi kepada para penggunanya. Maka pengertian Email saat ini bisa diartikan tidak hanya sebagai wadah komunikasi saja, namun juga sebagai sistem identitas digital yang mendasar.

Dengan menggunakan email, kita dapat mengirimkan pesan dengan lebih cepat dan mudah. Pasalnya, email akan terkirim saat itu juga ketika kita menekan tombol kirim yang ada pada email Anda. Selain itu, dengan menggunakan email, Anda tidak harus mengeluarkan biaya yang besar sehingga tidak akan menguras kantong Anda. Lalu sejak kapan email pertama kali dibuat? Berikut ini sejarah singkat mengenai email.

Sejarah Singkat Email

1968 lahirlah ARPANET yang merupakan cikal- bakal dari Internet. ARPANET diciptakan untuk mempermudah alur komunikasi dalam bidang Militer atau sebuah pendidikan. Tahun-tahun tersebut merupakan asal muasal “Surat Elektronik”. Pada tahun 1971, Ray Tomlinson memiliki program dengan nama SNDMSG yang merupakan singkatan dari Send Massage atau Pengirim Pesan.

Sebenarnya program ini merupakan program pengembangan yang cukup Viral pada saat itu. Meskipun aspek yang digunakan masihlah primitif. Bayangkan saja komputer di jaman itu besarnya hampir memenuhi sebuah gudang. Padahal hanya mampu mengirimkan pesan singkat.

SNDMSG mampu berkembang ke tahap berikutnya yang dinamakan program CYPNEY, namun masih menggunakan jaringan ARPANET. Dahulu mengirim pesan lewat Internet tentu sangatlah membutuhkan upaya yang besar dan biaya yang mahal, meskipun pesan yang di sampaikan hanya berisi 1 kata atau 2 kata saja.

“QWERTYUIOP” merupakan jenis email pertama kali yang cukup populer di tahun 1972. Ray juga sebagai penemu simbol @ dimana sekarang menjadi sebuah identitas yang tidak hilang dari sebuah email. Semua jejaring sosial akan menggunakan simbol @ sebagai media pengiriman pesannya.

Jenis- Jenis Layanan Email

Karena penggunaan Email yang sangat mudah dan tidak memerlukan biaya kongkrit serta hanya bermodalkan internet, maka Email terus berkembang. Jenis- jenis Email tentu berkembang dengan seiring jaman. Kerjasama serta akuisisi membuat E-mail mampu menjadi teknologi digital yang sangat- sangat penting. Jenis- jenis Email tersebut antara lain ialah:

1. Post Office Protocol Mail yang Disingkat POP MAIL

Jenis Email ini, hanya bisa di terima dari satu sistem Internet Service Provider saja. Meskipun begitu, jenis email ini mampu dibaca tanpa koneksi Internet atau offline. Tetapi jenis email ini tidak bisa diakses secara sembarangan.

2. Web Based Mail atau Web Mail

Pengertian email dari aplikasi yang satu ini yaitu merupakan sebuah pesan elektronik yang hanya menyediakan halaman web tertentu atau yang berada di web tertentu. Karena masih berhubungan dengan web maka aksesnyapun bebas dan bisa dilakukan dimana saja asalkan masih terhubung dengan koneksi internet.

3. Forward Mail

Fitur email ini adalah sebuah cara untuk meneruskan sebuah pesan. Sehingga anda tidak butuh menulis ulang atau mengatur Email tersebut atau bahasa komputernya adalah Copy paste. Fitur ini memang sangat populer bagi anda yang gemar menggonta- ganti alamat Email.

Fungsi Dari Sebuah Email

Sudah pasti di zaman serba digital ini Email selalu menjadi sebuah identitas atau alamat resmi bagi setiap orang yang memakai fasilitas Internet. Dunia maya yang kian berkembang membuat Email menjadi sebuah syarat mutlak dari beberapa akses sosial Global atau aplikasi- aplikasi media sosial. Mempunyai Email, membuat kita dengan mudah menggandrungi beberapa kegiatan internet. Saat ini, email bergeser fungsi dari yang awalnya hanya sebagai surat digital, sampai menjadi sebuah perantara multimedia. Maka inilah fungsi- fungsi utama dari sebuah email:

  1. Email bisa mempermudah untuk mengirimkan informasi dengan cepat. Informasi tersebut bisa berupa pesan atau data yang sudah di konversi kedalam sebuah file elektronik dan digital. Sejauh ini, Email bekerja dengan beberapa developer penyimpanan sehingga email mampu mengirimkan beberapa file dengan ukuran yang tidak kecil. Masyarakat biasa mengirim beberapa file seperti sebuah gambar, format program, aplikasi, buku digital, bahkan lamaran kerja. Kemudahan pengiriman email tentunya bisa dikirimkan secara sekaligus tanpa harus mengunggah atau Upload satu- persatu.
  2. Email mampu digunakan sebagai media bisnis, untuk mengirimkan format- format bisnis yang bentuknya rahasia.
  3. Surat elektronik ini tentu saja dapat diamankan dengan melakukan sistem atau teknik pengacakan (enkripsi data). Terdapat beberapa program enkripsi yang cukup populer, salah satunya adalah PGP singkatan dari Pretty Good Privacy. Fungsi memakai PGP ini tentu mampu melakukan enkripsi file yang akan Anda simpan dalam dunia digital.

Kelemahan Penggunaan Email

Disamping kelebihannya, tentu Email memiliki kekurangan yang cukup merepotkan. Apalagi hal ini, memang tidak bisa meminimalisir oleh manusia. Karena Email akan tergantung siapa yang memakainya. Hal tersebut diantaranya:

1. Fatal Bila Salah

Bila anda salah mengirimkan sebuah dokumen- dokumen yang sangat penting maka tidak ada fitur menghapus pesan. Sehingga dokumen- dokumen penting yang di kirim-kan ke alamat Email yang salah tentu sangat rawan di salahgunakan. Perusahaan provider Email pun tidak bertanggung jawab akan hal ini.

2. Rawan Penyadap

Zaman sekarang, tentu saja para Hacker mampu dengan mudah membobol email. Oleh karena itu, sebisa mungkin anda harus hati- hati menggunakan fasilitas digital ini.

Itulah pembahasan mengenai pengertian Email, fungsi dan sedikit sejarah tentang Email yang harus Anda ketahui agar lebih bijak menggunakan alat pengiriman pesan ini.

Leave a Reply