Pengertian Aplikasi, Fungsi dan Contohnya

Pengertian Aplikasi – Berbicara tentang aplikasi tentu saja tidak akan lepas dari kebutuhan akan sarana informasi. Di zaman seperti sekarang ini, tentu teknologi adalah sebuah kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan. Dengan adanya gadget atau komputer, maka sudah pasti tidak akan lepas dari yang namanya aplikasi itu sendiri. Pengertian aplikasi sendiri, secara umum bisa diterjemahkan sebagai sebuah wadah khusus yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Fungsi tersebut tentu tidak akan lepas dari keinginan dunia digital.

Pengertian Aplikasi

Aplikasi Di Era Modern

Dengan Adanya sebuah aplikasi, tentu akan memudahkan kita dalam menggunakan teknologi. Aplikasi itu sendiri, tentu dibuat oleh para ahli. Aplikasi sendiri, nyatanya sudah dikembangkan selama komputer desktop berkembang. Dan di era 10 tahun terakhir ini, nama aplikasi, dikenal karena perkembangan teknologi telekomunikasi.

Sebelum populernya nama Aplikasi, kita lebih dulu mengenal “Software” atau program dari perangkat lunak yang ada pada komputer, contohnya seperti Smadav 2019. Bila dilihat dari sudut pandang bisnis Aplikasi sendiri, diciptakan untuk memenuhi hasrat para pengembang alat telekomunikasi. Kita tentu sudah mengenal yang namanya sistem operasi Android, yang mungkin kita pakai sehari- hari.

Sebelum Android muncul ke permukaan, perusahaan Apple terlebih dahulu mengeksklusifkan arti dari sebuah “Aplikasi”. Setelah beberapa tahun, lalu munculah pesaing- pesaing dari Apple, yang membuat sebuah sistem operasi pada salah satu device,yang bisa diakses tanpa adanya nilai- nilai eksklusifitas.

Kenyataannya perusahaan Apple, memang lebih eksklusif, namun memiliki nilai kualitas yang tidak sembarangan. Tetapi harga menjadi tolak ukur yang sangat timpang, dibanding para pesaingnya. Kini Android lebih melekat kepada masyarakat, karena nilainya yang cukup relatif terjangkau. Akses yang mudah, membuat Android lebih melekat kepada perusahaan- perusahaan teknologi, contohnya Google.

Dengan akses yang mudah dan simple, maka developer atau instansi IT, dapat dengan mudah menawarkan produk- produk aplikasi yang biasanya kita temukan di Google Play Store. Mudahnya akses tentu akan membuat para developer mampu mengembangkan bisnis- bisnisnya.

Developer IT biasanya terdiri dari para programer- programer handal yang sudah menguasai dunia perangkat lunak. Karena Aplikasi sendiri, dibuat dengan berbagai software dasar pembuatan program. Contohnya ceperti C, Java Script, PHP, dan masih banyak lainnya. Tentunya persaingan antara developer aplikasi, akan selalu berkembang seiring dengan kebutuhan konsumen.

Fungsi Aplikasi Secara Umum

Fungsi aplikasi akan diketahui ketika Anda juga mengetahui pengertian aplikasi itu sendiri. Karena aplikasi merupakan sebuah alat yang sangat berhubungan dengan kebutuhan para penggunaannya. Aplikasi sendiri, diciptakan untuk memenuhi hasrat orang banyak. Namun, dengan banyaknya fungsi aplikasi, maka kita dapat memilih konten- konten aplikasi sesuai dengan kebutuhan utama kita. Secara umum fungsi aplikasi tersebut yaitu:

  • Fungsi Aplikasi dalam Pendidikan

Sebuah Aplikasi tentu dapat digunakan sebagai sebuah bahan pengajaran. Contoh kasusnya saja, membantu untuk membuat penyajian sebuah materi dilengkapi dengan sebuah animasi-animasi agar tampilannya akan lebih jauh menarik lagi. Biasanya aplikasi atau software tersebut bisa menggunakan Microsoft Powerpoint. Tentu saja, suasana dalam sebuah pengajaran akan memberikan dampak positif, terhadap kenyamanan dan juga dapat mencapai hasil yang lebih maksimal lagi.

  • Fungsi Aplikasi dalam Ilmu Kedokteran

Tentu saja, dengan adanya sebuah aplikasi yang kini tengah dikembangkan secara khusus untuk aspek dan bidang kedokteran, akan membantu para pengguna. Contohnya saja, dengan adanya sebuah aplikasi untuk membantu mendiagnosa penyakit, lalu dapat menawarkan bentuk perawatan rutin, dan mungkin sampai berkemampuan untuk meracik obat. Tentu saja dengan hal tersebut, kita lebih terbantu lagi di dunia kesehatan.

  • Fungsi Aplikasi dalam Sistem Bisnis

Dalam sebuah bidang Bisnis, aplikasi tentu sangat berperan penting. Terutama dalam menentukan pasar. Dengan beberapa aplikasi jejaring sosial, maka sebuah bisnis dapat berjalan diatasnya. Terlebih dengan program iklan yang ada di dalam sebuah jejaring sosial. Bisnis di sebuah aplikasi, tentu menjadi sebuah hal yang lumrah dilakukan di zaman sekarang. Terlebih aplikasi mampu menghitung segala kebutuhan bisnis, baik pemasukan dan pengeluarannya.

  • Fungsi aplikasi dalam Dunia Ilmu Pengetahuan

Aplikasi diciptakan untuk menambah sebuah sarana informasi yang sangat luas. Terlebih lagi kita akan mudah mendapatkan sebuah informasi. Otomatis, hal tersebut akan dapat membantu kita dari segi ke ilmuan. Banyak developer yang membuat Aplikasi secara gratis. Dan disitulah letak kegunaan dari sebuah sistem aplikasi. Dengan begitu, kita tidak susah mencari sebuah Informasi yang berisi Ilmu.

  • Fungsi Aplikasi dalam Dunia Militer

Kemajuan teknologi memang tidak ada batasnya. Dengan kemajuan Aplikasi, maka sistem Militer pun akan sangat terbantu akan hal itu. Contohnya, beberapa Aplikasi bisa digunakan untuk sarana operasional militer. Apalagi dalam dunia Militer, harus membutuhkan teknologi yang mutakhir.

Contoh Aplikasi

Dengan adanya sebuah aplikasi, maka kehidupan kita dapat terbantu. Aplikasi sendiri, terletak di semua akses, baik sosial maupun bersifat pribadi. Karena kebutuhannya, sudah pasti kita tidak lepas dari yang namanya sebuah aplikasi. Inilah beberapa contoh aplikasi yang lumrah kita pakai:

1. Game, sebuah aplikasi yang digunakan sebagai sebuah media hiburan untuk membuat kita bisa bermain game secara digital. Aplikasi Game tentu tidak ada batasnya, dan mampu menemukan bisnis dan perkembangannya sendiri. Sudah sejak dahulu kita tidak bisa lepas dari Game Digital. Apalagi Game sudah masuk ke ranah kompetisi umum contohnya Olimpiade, Asean Games.

2. Google Chrome, Opera, Mozila Firefox merupakan sebuah aplikasi yang membantu kita untuk berselancar di Dunia Internet. Biasanya kita bisa mendapatkan Informasi melalui aplikasi tersebut. Di dalamnya sudah bersinergi dengan beberapa mesin pencari atau search engine web, layaknya Google atau Bing.

3. Facebook, Instagram, Gmail juga merupakan sebuah aplikasi jejaring sosial. Tentunya aplikasi ini merupakan aplikasi yang sering digandrungi. Karena Aplikasi tersebut berkaitan dengan eksistensi sosial. Yang pastinya membuat anak- anak muda tidak akan melewatkan aplikasi ini untuk sekedar Update and Share.

4. WhatsApp merupakan aplikasi yang dipakai untuk berinteraksi, atau dinamakan fitur chatting dengan orang lain yang kita hubungkan melalui nomor telpon.

Itulah beberapa penjelasan, fungsi dan pengertian Aplikasi. Tentu saja dengan adanya aplikasi, kita dapat dengan mudah menggali sebuah informasi yang dibutuhkan. Namun, kita pun harus dengan bijak untuk mengolah informasi karena penggunaan aplikasi juga harus berpedoman pada UU ITE di negara Indonesia.

Leave a Reply