Komponen Komputer Beserta Fungsinya Yang Wajib Anda Tahu

Komponen Komputer Beserta FungsinyaKomputer terdiri dari komponen yang tidak bisa dipisahkan. Setiap komponen komputer mempunyai peran dan fungsi yang saling terhubung hingga komputer bisa dioperasikan. Jika salah satu komponen tersebut tidak ada, komputer tidak bisa digunakan. Karena semua komponen tersebut menyatu dan membentuk kesatuan unit sendiri.

Komponen Komputer Beserta Fungsinya

Komponen Hardware Komputer dan Fungsinya

Komponen hardware merupakan komponen dalam komputer yang dapat dilihat secara langsung oleh mata dan dapat diraba. Jika salah satu dari komponen ini rusak, komputer tidak bisa digunakan bahkan tidak bisa menyala sama sekali. Komponen hardware sering disebut juga dengan perangkat keras yang meliputi:

1. Input Device

Komponen komputer ini berfungsi untuk memasukkan data dari luar melalui prosesor ke dalam memori internal. Tujuannya untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Input device juga berfungsi untuk memasukkan data atau perintah. Perangkat ini terbagi menjadi dua yaitu:

  • Input langsung, yaitu alat yang digunakan untuk mengolah data secara langsung tanpa memerlukan media atau sarana lain. Contohnya mouse, keyboard, digitizer, light pen, scanner dan sebagainya.
  • Input tidak langsung, yaitu alat yang memerlukan media lain sebelum proses dilakukan oleh sistem. Contohnya disket, harddisk, punched card dan sebagainya.

Contoh perangkat keras input device dalam komputer adalah sebagai berikut:

a. Keyboard

Keyboard merupakan perangkat keras yang sangat penting pada komputer. Komponen ini berfungsi untuk memasukkan data dalam bentuk huruf, angka dan berbagai perintah lainnya. Keyboard juga dapat digunakan untuk melakukan perintah penyimpanan file, membuka file, mengcopy, memindahkan, dan sebagainya.

Keyboard

b. Mouse

Komponen komputer yang termasuk input device lainnya adalah mouse. Mouse adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memerintahkan pointer ke layar monitor dengan cepat sesuai perintah pengguna. Mouse mulai berkembang dan menggunakan teknologi wireless atau tanpa kabel. Sehingga dapat terhubung langsung dengan memanfaatkan sistem operasi berbasis GUI.

Mouse

c. Microphone

Microphone berfungsi untuk memasukkan suara ke dalam memori komputer. Perangkat ini termasuk output komputer dalam bentuk suara atau audio. Suara yang dimasukkan atau direkam menggunakan microphone akan tersimpan dalam memori komputer Anda. Suara tersebut dapat didengarkan secara langsung atau melalui headset.

d. Touchpad

Saat ini komputer sudah mengalami perkembangan menjadi perangkat yang lebih simple dan praktis. Perangkat tersebut dikenal dengan laptop dan notebook. Pada laptop terdapat perangkat touchpad yang berfungsi sama dengan mouse yaitu untuk menggerakkan dan mengarahkan kursor pada monitor sesuai perintah Anda.

Touchpad

e. Joy Stick

Bagi Anda yang senang bermain game play station, pasti sudah tidak asing lagi dengan alat ini. Joy stick digunakan untuk bermain game pada komputer yang berbentuk seperti tongkat dengan beberapa tombol. Saat ini terdapat pula games paddel yang mempunyai fungsi sama dengan joy stick namun bentuknya kotak atau persegi.

Joy Stick

f. Light Pen

Light pen merupakan pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan mendesain gambar secara langsung melalui monitor. Light pen ini dapat mengirimkan cahaya dan direkam lalu ditampilkan pada layar. Sehingga gambar yang dihasilkan terlihat bagus dan menarik.

Light Pen

2. Output Device

Komputer merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan data. Selain perangkat masuk atau input, komponen komputer juga terdiri dari perangkat keluaran atau output. Perangkat output komputer meliputi:

a. Monitor

Monitor merupakan perangkat output yang berfungsi untuk menampilkan aktivitas yang dilakukan dalam komputer atau laptop. Monitor juga menampilkan informasi yang sudah diolah oleh sistem. Perangkat ini sangat penting karena tanpa monitor, Anda tidak bisa melihat aktivitas dan pekerjaan pada sistem di dalam komputer tersebut.

Monitor

b. Printer

Printer merupakan perangkat keras yang digunakan untuk mencetak hasil pekerjaan dari komputer berupa dokumen. Printer termasuk perangkat tambahan yang berperan penting pada saat Anda ingin mencetak file atau data. Printer mempunyai jenis yang berbeda, yaitu printer dotmatrik, leserjet dan inject. Masing-masing printer mempunyai fungsi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan Anda.

Printer

c. Speaker

Untuk mengeluarkan suara dengan keras, komputer membutuhkan perangkat keras berupa speaker. Speaker mampu memberikan suara dengan kapasitas tinggi sehingga dapat didengar dari jarak jauh. Speaker juga bisa disetting sesuai kebutuhan Anda. Anda juga bisa menambahkan alat lain dalam speaker, salah satunya microphone.

Speaker

3. Process Device

Komponen komputer bukan hanya perangkat input dan output, tapi masih ada perangkat lain yang berperan penting yaitu perangkat prosesor. Perangkat ini berupa CPU yang didalamnya terdapat perangkat pemrosesan yang menjadi otak komputer. Perangkat tersebut yaitu:

a. RAM

RAM adalah Random Access Memory yang merupakan perangkat penyimpanan data untuk sementara. RAM mempunyai bentuk yang kecil namun sangat penting dalam komputer. Dengan alat ini, Anda dapat menyimpan file, dokumen, dan konten lainnya yang dibutuhkan oleh processor dalam mengolah data dengan cepat.

RAM

b. Power Supply

Sebagai alat elektronik, komputer pasti membutuhkan arus listrik. Dengan alat ini, arus listrik yang masuk pada CPU dapat diatur dengan baik. Power supply juga dapat mengubah aliran listrik DC menjadi aliran listrik AC yang dibutuhkan oleh komputer.

Power Supply

c. Processor

Processor atau otak komputer adalah perangkat yang paling penting. Processor rawan terhadap kerusakan, karena mempunyai banyak kaki kecil. Jika salah satu kaki tersebut patah, perangkat ini tidak dapat digunakan dan secara otomatis, komputer Anda juga tidak bisa digunakan.

Processor

d. Motherboard

Komponen komputer ini berupa papan yang menghubungkan komponen satu dengan lainnya. Motherboard menjadi tempat unit pemrosesan baik itu processor, RAM dan perangkat lainnya. Sehingga semua perangkat tersebut dapat dihubungkan dengan mudah dan cepat.

Motherboard

4. Storage Device

Komputer juga mempunyai perangkat yang digunakan untuk menyimpan data secara eksternal. Unit penyimpanan komputer yaitu harddisk. Harddisk merupakan memori yang mempunyai kapasitas besar sesuai kebutuhan pengguna. Harddisk mempunyai bentuk yang kecil namun mampu menampung berbagai konten dalam komputer. Sehingga saat komputer Anda mengalami kerusakan, data Anda tetap aman dalam harddisk.

Harddisk

5. Unit Tambahan

Untuk beberapa keperluan, komputer juga mempunyai perangkat tambahan. Perangkat ini juga mempunyai peran penting saat Anda membutuhkannya, yaitu:

a. Modem

Modem merupakan perangkat tambahan yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet. Modem juga bisa digunakan untuk menyimpan data yang disimpan dalam memori card. Perangkat ini dapat Anda gunakan saat tidak ada jaringan wifi, Anda bisa menggunakan modem untuk dapat terhubung dengan internet.

Modem

b. Flashdisk

Perangkat penyimpanan data untuk komputer yang praktis dan fleksibel adalah flashdisk. Flashdisk dapat dibawa kemana saja dan dapat digunakan untuk semua jenis komputer ataupun laptop. Flashdisk juga mempunyai kapasitas yang beragam, namun tidak sebesar kepasitas harddisk. Flashdisk juga bisa digunakan untuk memindahkan data dari komputer satu ke komputer lain.

Flashdisk

Komponen Software Komputer dan Fungsinya

Selain perangkat keras yang dapat dilihat dan dipegang, komputer juga mempunyai perangkat lunak yang disebut dengan software. Software merupakan program yang dibutuhkan oleh pengguna untuk memperoleh informasi dari komputer. Tanpa adanya program aplikasi tersebut, user tidak dapat menggunakan komputer. Terutama untuk melakukan berbagai aktivitas. Komponen komputer yang termasuk perangkat lunak adalah.

1. Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan software yang berfungsi untuk menghidupkan komputer. Software ini sangat penting karena menjadi pengendali utama untuk menggunakan program dalam komputer. Sistem operasi mempunyai dua jenis yaitu sistem operasi berbasis GUI dan berbasis CLI.

Dengan perkembangan teknologi yang canggih ini, sistem berbasis CLI sudah kalah dengan sistem GUI. Karena sistem operasi berbasis GUI dapat melaksanakan perintah dengan sangat cepat dan mudah. Sistem operasi basis GUI diantaranya windows 7, Windows XP, dan sebagainya.

2. Bahasa Komputer

Untuk mengoperasikan komputer, Anda bisa memilih dua jenis bahasa yaitu:

  • High Level, yaitu bahasa dengan tingkat yang tinggi dan mudah dipahami seperti basic, fortran dan pascal.
  • Low Level, yaitu bahasa dengan tingkat rendah sehingga hanya bisa dipahami oleh pembuatnya saja, seperti assembly language.

3. Program Aplikasi atau Software

Aplikasi merupakan kebutuhan bagi pengguna komputer. Dengan adanya aplikasi, pengguna bisa mengoperasikan komputer sesuai kebutuhan. Komputer tidak pernah lepas dengan software atau aplikasi. Karena fungsi dari komputer sendiri untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan sesuatu dan mendapatkan informasi. Beberapa program aplikasi komputer yang sangat penting adalah.

a. Microsoft

Microsoft merupakan software yang digunakan untuk mengolah data dalam komputer. Microsoft sangat membantu user untuk mengolah data berupa angka, huruf, simbol, dan sebagainya menjadi informasi ataupun dokumen yang dibutuhkan. Microsoft juga mempunyai berbagai versi yang dapat Anda gunakan sesuai komputer atau laptop Anda.

b. Multimedia

Software ini digunakan untuk mengolah huruf atau karakter menjadi gambar yang unik dan menarik. Multimedia berhubungan dengan desain grafis sehingga dapat memudahkan Anda untuk membuat logo, simbol, pamflet, dan sebagainya. Aplikasi multimedia yang paling populer yaitu Corel Draw, Photoshop, dan sebagainya.

c. Web Browser

Untuk mengunjungi situs internet, Anda bisa menggunakan aplikasi browser. Melalui software tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dari internet di seluruh dunia. Aplikasi browser yang banyak digunakan yaitu Google Chrome dan Mozilla Firefox.

d. AntiVirus

Komputer tidak pernah lepas dari serangan virus. Sehingga Anda harus mempunyai aplikasi antivirus untuk mencerah dan membasmi virus dalam komputer atau laptop. Aplikasi antivirus yang rekomended diantaranya Smadav, Avira, Avas dan sebagainya.

Komponen Brainware Komputer dan Fungsinya

Komponen brainware merupakan pengguna komputer atau yang disebut dengan user. Komputer memang dibuat untuk dapat digunakan oleh para user dalam memudahkan pekerjaan dan aktivitas lainnya. Pengguna komputer terbagi menjadi:

1. Operator

Operator adalah seseorang yang ditugaskan untuk mengolah data dalam komputer. Operator harus mengerti dan memahami fungsi dari komponen komputer dan melakukannya sesuai aturan penggunaan aplikasi.

2. Programmer

Programmer adalah seseorang yang membuat aplikasi atau software komputer yang digunakan oleh semua user di seluruh dunia.

3. Graphic Desainer

Graphic desainer merupakan user yang mengerti dan memahami dunia grafis dalam membuat berbagai animasi dan konten menarik lainnya.

Leave a Reply