Tutorial Cara Sharing Printer Paling Mudah

Cara Sharing Printer – Printer merupakan salah satu mesin pencetak yang sangat dibutuhkan di jaman modern ini. Dengan fungsi yang memiliki banyak manfaat, printer mampu membantu kinerja manusia saat ini. Apalagi untuk kehidupan profesional seperti aktivitas kantor, sekolah atau hobi. Perkembangan komputer yang selalu mencapai titik evolusi di tiap tahunnya membuat kegunaan printer bisa di alokasikan secara fleksibel dan printer tentu menjadi kebutuhan bersama. Berikut ini kegunaan printer dan cara sharing printer agar memudahkan para penggunanya.

Cara Sharing Printer

Daftar Isi

Kebutuhan Printer

Kebutuhan mesin printer kian populer dalam aktivitas profesional contohnya dalam mengisi kebutuhan kantor atau dunia kerja. Tentu saja dalam dunia kerja memerlukan beberapa laporan yang terlampir. Meskipun pada kenyatanya di tahun milenial ini era digital bisa jauh lebih berkembang, tapi tetap saja, berkas otentik akan selalu di butuhkan untuk mempermudah kegiatan.

Karena kita memang masih berada di tahap transisi, dari sistem analog kepada sistem digital, tentu saja, kegunaan sistem analog belum hilang se-utuhnya. Meskipun begitu, kebutuhan digital yang sangat canggih masih memiliki nilai nominal yang cukup mahal. Sehingga kegunaan mesin printer tentu masih bisa bertahan untuk tahun-tahun kedepan.

Tutorial Cara Sharing Printer

Dengan sistem sharing printer, semua karyawan atau pengguna dapat melakukan kegiatan print di printer utama meskipun dengan menggunakan komputer masing-masing. Sehingga tidak butuh untuk saling melepas kabel penghubung ke printer utama. Hal ini memang sedikit efektif karena kita hanya butuh melakukan setting konektivitas di komputer masing- masing.

Dengan sistem operasional Windows 2004 keatas cara ini sudah bisa dilakukan tanpa konektivitas kabel atau bisa disebut nirkabel. Tentu saja di tahun 2019 ini setiap komputer sudah pasti memakai sistem operasi Windows terbaru mungkin minimal windows XP. Maka simak cara sharing printer di Windows 7, 8 dan 10 dibawah ini :

Langkah yang harus dilakukan ketika memulai cara sharing printer ke komputer lain, ialah dengan mengaktifkan dahulu sebuah fitur sistem di control panel, yang dinamakan File and printer sharing di sebuah Windows. Langkah-langkahnya, yaitu :

  • Anda bisa klik ikon windows atau Start Menu.
  • Lalu mencari yang namanya Control panel, maka klik aplikasi tersebut.

  • Setelah aplikasi Control Panel terbuka Anda bisa memilih menu dengan nama Network and Internet.

  • Ketika anda memasuki menu Network and Internet, lalu anda pilih menu Network and Sharing Center. Biasanya Letak dari menu tersebut di ujung atas atau paling atas.

  • Setelah Network and sharing diklik, maka anda akan diperlihatkan menu didalamnya. Lalu anda dapat memilih menu Change advanced sharing settings. Pada menu tersebut, biasanya terdapat di baris ketiga, pada posisi sebelah kiri atas.

  • Setelah memilih menu tersebut, anda akan ditampilkan oleh beberapa tampilan dengan banyak pilihan dan sub pilihan. Jangan bingung, yang harus anda cari ialah sub menu dengan tulisan File and Printer sharing. Di sana ada 2 ceklis dengan ikon bulat dan pilihlah ceklis yang bertuliskan Turn on file and printer sharing. Yang artinya mengaktifkan sharing printer. Ini adalah langkah awal agar printer yang terhubung kepada komputer anda dapat diakses oleh semua komputer yang ada di ruangan anda.

  • Setelah itu bisa mengklik menu Save Changes.
  • Langkah Opsional: agar komputer anda dapat terjaga privasinya maka anda dapat dengan mudah memproteksi PC dengan memakai password. Hal ini sangat penting bila komputer utama tidak mudah diakses.
  • Cara memproteksi PC bisa di lakukan dan masih di kolom menu Change advanced sharing setting. Buka menu tersebut dan pilih opsi All Networks. Setelah itu anda bisa memilih fitur aktifitas password. Jangan lupa untuk mencatatnya di notepad.
  • Setelah anda dapat mengaktifkan File and printer sharing sebenarnya anda sudah bisa mengaktifkan semua jaringan LAN atau WLAN anda. Namun, anda pun dapat memilih beberapa cara atau lebih spesifik terutama bila anda memiliki lebih dari 1 printer.
  • Caranya kembali ke Control Panel lalu masuk ke menu Hardware and Sound, setelah itu ke menu View Device and Printers.

  • Pilih printer yang memang anda ingin sambungkan atau pakai dengan Klik kanan di nama printer terpilih sharing. Lalu memilih menu See what’s printing.  Di gambar contoh, kami memilih printer Canon MP280.

  • Pilih menu Printer > Sharing.
  • Pilih Properties cari dan buka tab menu Sharing. Lalu klik Change Sharing Options.

  • Cek list Share this printer dan masukan nama printer, untuk mempermudah anda bisa memilih nama printer dengan nama yang mudah diingat.

Cara Akses Sharing Printer

Jika cara sharing printer di atas adalah untuk membuka portal sharing ke semua komputer yang ingin anda sharing, maka cara ini bertujuan agar setiap komputer dapat terhubung atau terkoneksi dengan komputer utama yang memiliki mesin printer. Hal ini bisa Anda pakai bila setiap komputer di ruangan anda memiliki kabel LAN atau mempunyai WLAN yang terhubung dengan internet atau modem internet. Langkahnya yaitu:

  • Langkah pertama yaitu dengan mengetahui IP Adress dari komputer utama yang memiliki akses langsung kepada printer. Pastikan anda mengetahui IP adress dari komputer utama.
  • Anda dapat membuka Windows Explorer. Setelah itu di sebelah kolom Search yang ada di sebelah kanan atas terdapat kolom bar seperti anda ingin mengetikan nama di sebuah halaman web. Anda tinggal mengklik kolom tersebut sampai kosong lalu anda bisa mengetik IP Address komputer utama. Contohnya mengetik 192.168.50.1.1. lalu tinggal menekan enter.
  • Lalu memilih menu Connect.

Itulah beberapa langkah cara sharing printer yang mungkin bisa anda lakukan untuk mempermudah kinerja Anda.

Leave a Reply