Cara Mengunci Folder di Windows 10, 8 & 7

Cara Mengunci Folder di Windows – Data yang bersifat privasi harus disimpan dengan baik dalam PC atau laptop. Karena data tersebut menjadi hak mutlak bagi pemiliknya. Untuk menjaga data agar tidak diakses atau bahkan disalahgunakan oleh orang lain, Anda dapat mengunci folder data tersebut. Dengan adanya password atau sandi pada folder, data Anda akan aman dari jangkauan tangan yang tidak bertanggungjawab.

Cara Mengunci Folder pada Windows

Cara Mengunci Folder di Windows Tanpa Software

Seringkali seseorang diresahkan karena data pribadi mereka diambil atau dilihat oleh orang lain. Sehingga menimbulkan kerugian bagi salah satu pihak. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus mengamankan folder privasi dengan memberikan sandi atau password. Agar tidak sembarang orang yang bisa membuka folder atau file Anda.

Bagi pengguna windows 7, 8, 10 ataupun XP, Anda bisa mengamankan data pada PC atau laptop tanpa menggunakan aplikasi apapun. Data penting dalam laptop akan aman dan Anda dapat menggunakan data tersebut untuk berbagai keperluan.

Cara mengunci folder tanpa menggunakan software atau aplikasi adalah sebagai berikut:

  1. Buat folder yang berisi file dan dokumen penting Anda. Beri nama folder tersebut, contohnya folder bernama Data Penting Saya.Buat folder
  2. Setelah itu buka folder tersebut, klik kanan dan pilih New.
  3. Pilih Text document untuk membuat script.Pilih new text dokumen
  4. Selanjutnya masukkan Script dibawah ini pada Text Document tersebut.
  5. cls
    @ECHO OFF
    title Folder Private
    if EXIST “HTG Locker” goto UNLOCK if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
    :CONFIRM
    echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N) set/p “cho=>”
    if %cho%==Y goto LOCK if %cho%==y goto LOCK
    if %cho%==n goto END if %cho%==N goto END
    echo Invalid choice. goto CONFIRM
    :LOCK
    ren Private “HTG Locker” attrib +h +s “HTG Locker” echo Folder locked goto End
    :UNLOCK
    echo Enter password to unlock folder
    set/p “pass=>”
    if NOT %pass%== PASSWORD_DISINI goto FAIL
    attrib -h -s “HTG Locker” ren “HTG Locker” Private echo Folder Unlocked successfully
    goto End
    :FAIL
    echo Invalid password goto end
    :MDLOCKER
    md Private echo Private created successfully goto End
    :End
  6. Masukkan password yang Anda inginkan pada kolom Password_disini. Masukkan sandi yang mudah diingat oleh Anda dan sulit ditebak.masukkan pasword
  7. Pilih Save As Text tersebut.
  8. Beri nama file locker.bat lalu ganti type menjadi all files.ganti nama dan simpan
  9. Hapus file New text document dan double klik pada file locker tersebut.
  10. Tunggu hingga muncul folder private secara otomatis.muncul folder baru
  11. Simpan semua data penting Anda dalam folder private tersebut.
  12. Pada file locker, tekan Y dan enter untuk menghilangkan folder private Anda.
  13. Jika Anda ingin melihat folder tersebut, double klik pada file locker.
  14. Masukan password yang sudah dibuat dan folder private Anda akan muncul kembali.
  15. Untuk mengunci folder kembali, double klik dan tekan Y dan enter lagi.

Jika Anda lupa password folder private, Anda bisa klik kanan pada file locker dan pilih edit. Setelah itu ganti password Anda yang lama dengan password baru. Agar password tidak mudah lupa, Anda harus menggunakan nama atau singkatan yang mudah dan selalu diingat.

Cara Mengunci Folder dengan  Aplikasi Folder Guard

Saat ini ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk menjaga folder atau data pribadi. Salah satu aplikasi tersebut adalah Folder Guard. Aplikasi ini dapat memberikan keamanan untuk data dan file penting Anda dalam sebuah folder. Aplikasi ini menggunakan teknologi canggih untuk menjaga file Anda.

Ada beberapa file yang harus Anda jaga dengan baik. Salah satunya file mengenai identitas Anda seperti KTP, Ijazah, Sertifikat, dan sebagainya yang semua itu termasuk file privasi. Dengan teknologi digital yang semakin canggih, banyak orang yang bisa menyalahgunakan file tersebut untuk sesuatu yang tidak baik.

Terutama file yang berkaitan dengan perjanjian yang melibatkan kedua pihak. Karena saat ini semua kegiatan bisa dilakukan secara online, sehingga dokumen perjanjian bisa berbentuk file. File tersebut harus dijaga dengan aman agar bisa digunakan saat terjadi sesuatu. Alternatif paling tepat untuk menjaga file penting adalah dengan memberikan password pada file tersebut.

Cara mengunci folder atau file menggunakan aplikasi Folder Guard adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi Folder Guard dan install pada laptop atau PC Anda.
  2. Buka Aplikasi tersebut dan pilih menu Lock a folder with a password.
  3. Pilih folder yang ingin Anda kunci. Pastikan folder tersebut berisi file dan dokumen penting Anda.
  4. Masukan password untuk mengunci folder tersebut. Buatlah password yang selalu Anda ingat dan sulit ditebak oleh orang lain.
  5. Pilih Next dan tunggu beberapa saat, setelah berhasil pilih Finish.
  6. Pilih Protect untuk mengaktifkan password yang sudah dibuat tersebut.
  7. Masuk ke folder yang terkunci tersebut, dan lihat semua file penting Anda akan tersembunyi. Untuk membukanya pilih Unlock.
  8. Masukan password folder yang sudah dibuat dan OK. Maka semua file, dokumen dan data penting Anda akan muncul dan dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan.
  9. Untuk mengunci folder kembali, pilih Lock dan folder akan tersembunyi dengan aman.

Aplikasi Folder Guard sangat membantu Anda untuk menyimpan file penting. Baik itu file kerja, file tugas, dan sebagainya. Terutama dokumen yang berkaitan dengan instansi atau melibatkan orang lain yang harus dijaga dengan baik. Karena saat ini banyak manipulasi data yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab yang dapat merugikan Anda ataupun orang lain.

Cara Mengunci Folder dengan Aplikasi Wise Folder Hider

Masih ada lagi aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengamankan folder yaitu Wise Folder Hider. Aplikasi ini mempunyai fungsi utama untuk menyembunyikan folder dan dokumen penting agar tidak mudah diakses orang lain tanpa izin pemiliknya. Sistem keamanan yang digunakan yaitu password atau sandi untuk folder tersebut.

Aplikasi Wise Folder Hider dapat membantu Anda untuk mengamankan file penting pada komputer atau laptop. Dimana penggunaan laptop oleh orang lain dapat memungkinkan file terakses baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus menyembunyikan file atau folder tersebut dengan aman.

Cara mengunci folder menggunakan aplikasi Wise Folder Hider adalah sebagai berikut:

  1. Buka web browser dan download Aplikasi Wise Folder Hider.
  2. Install Aplikasi Wise Folder Hoder tersebut pada Laptop atau PC.
  3. Buka aplikasi tersebut dan masukan password untuk keamanan folder yang akan Anda upload, pilih OK.
  4. Pilih semua file penting Anda dan masukan dalam satu folder. Drag folder tersebut ke halaman aplikasi.
  5. Tunggu beberapa saat dan folder akan tersembunyi pada halaman Wise Folder Hider. Untuk membuka folder tersebut masukan password yang telah dibuat.
  6. Status folder yang terkunci akan tertulis Hidden, dan jika Anda ingin membukanya, pilih open maka status akan berubah menjadi visible.
  7. Setelah folder terbuka, Anda bisa mengirim atau mengedit dokumen sesuai kebutuhan. Jika urusan telah selesai, tutup kembali folder dan secara otomatis folder akan terhidden kembali.

Saat Anda ingin membuka aplikasi ini, jangan lupa untuk memasukkan password yang telah dibuat tadi. Sehingga tidak semua orang bisa membuka dan menggunakan aplikasi Wise Folder Hider pada laptop atau PC Anda. Wise Folder Hider mampu memberikan keamanan pada folder penting Anda karena sudah didukung dengan teknologi canggih dan terbaru.

Selain menggunakan aplikasi Folder Guard dan Wise Folder Hider, masih ada aplikasi lain yang dapat Anda coba. Salah satunya aplikasi Folder Lock. Karena semua aplikasi tersebut berfungsi untuk mengamankan data dan file penting pada laptop atau PC. Aplikasi tersebut dapat menjaga dan melindungi file privasi dan pribadi dengan baik dan aman.

Leave a Reply