Cara Menghilangkan Virus di Laptop Yang Membandel

Cara Menghilangkan Virus di Laptop – Virus atau Malware sering menjadi salah satu ketakutan bagi kita yang memiliki laptop atau computer. Karena ia bisa merusak atau mengganggu kinerja laptop. Hal ini tentu berdampak negatif karena laptop biasanya sangat diandalkan oleh pemiliknya untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan. Oleh karena itu, perlu diketahui beberapa cara menghilangkan virus di Laptop dengan macam-macam metode.

cara menghilangkan virus di laptop

Virus bisa masuk ke laptop melalui macam-macam cara. Contoh, saat Anda terhubung dengan internet, mendownload sebuah file dari internet, maka virus bisa terselip di file yang Anda download tersebut. Kemudian saat Anda mentransfer data dari satu laptop ke laptop lain, bisa saja selain file yang tertransfer, virus dan malware juga berpindah ke laptop Anda.

Jenis-Jenis Virus Yang Menyerang Laptop

Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenai beberapa cara menghilangkan virus, Anda sebaiknya mengetahui jenis-jenis virus yang biasa menyerang laptop.

1. Worm

Jenis virus pertama yaitu Worm atau cacing. Dimana virus ini memiliki karakteristik bisa menyebar tanpa memerlukan interaksi khusus dari penggunanya. Kebanyakan worm disebar melalui kiriman email dari satu pengguna ke pengguna lain. Jika file virus tersebut dibuka, maka worm akan menyebar ke laptop atau perangkat pengguna tersebut.

2. Spyware

Kedua, ada jenis virus spyware. Spyware ini adalah jenis virus yang dapat menginstal dirinya sendiri. Maksudnya adalah virus ini masuk ke perangkat tanpa pengguna tahu, lalu ia ternyata sudah menjadi program sendiri di komputer tersebut. Hati-hati juga dengan virus jenis ini karena ia juga bisa dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab untuk mengambil data pribadi pengguna.

3. Trojan

Trojan merupakan salah satu jenis virus yang punya kemampuan bersembunyi di balik software atau program lainnya yang ada di perangkat, dalam hal ini laptop atau PC. Sama seperti virus worm, Trojan juga tak memerlukan interaksi khusus untuk bisa masuk ke dalam perangkat Anda.

Cara Menghilangkan Virus di Laptop Tanpa Instal Ulang

Menghilangkan virus di Laptop tanpa menginstal ulang sangat mungkin dilakukan melalui bantuan software penghapus virus yang bisa Anda dapatkan secara gratis dan mudah diakses. Salah satu software yang sering digunakan adalah MalwareBytes Anti-Malware. Berikut adalah langkah-langkah menghapus virus di laptop lewat aplikasi ini.

MalwareBytes Anti-Malware

  • Download software MalwareBytes Anti-Malware terlebih dulu di Laptop Anda. Gunakan situs resmi untuk mendownload.
  • Install ke Laptop Anda.
  • Setelah terinstal jalankan Software MalwareBytes Anti-Malware. Sebaiknya gunakan mode Administrator saat membukanya, yakni dengan cara klik kanan, pilih Run as Administrator.
  • Maka akan muncul jendela software MalwareBytes Anti-Malware, kemudian jalankan fungsi scanning untuk mencari virus yang ada laptop Anda.
  • Usahakan lakukan full-scanning yakni pencarian menyeluruh di seluruh direktori laptop Anda. Lamanya scanning ini tergantung dari banyaknya file yang ada di Laptop Anda.
  • Jika scanning selesai, dan Anda menemukan virus yang ada di Laptop Anda, terdapat pilihan untuk menangani file virus tersebut, Secara otomatis, software MalwareBytes Anti-Malware merekomendasikan apa yang harus dilakukan penggunanya untuk file virus tersebut.
  • Ikuti saja rekomendasi dari software tersebut, misal hapus file, maka file tersebut harus dihapus.
  • Setelah proses pembersihan selesai, lakukan restart pada laptop Anda. Hal ini untuk memastikan proses pembersihan yang benar-benar bersih.
  • Selesai.

Menghilangkan virus tanpa install ulang juga bisa dilakukan dengan memformat partisi di Laptop Anda yang diduga mengandung virus di dalamnya. Biasanya cara ini ditempuh karena virus tersebut terus berada di memory card atau flashdisk. Namun demikian, kesuksesan cara ini masih perlu dipertanyakan karena berisiko menghapus data-data penting Anda.

Cara Menghilangkan Virus di Laptop Tanpa Software

cara menghilangkan virus di laptop command promt

Biasanya menghilangkan virus menggunakan aplikasi tambahan berupa software antivirus, namun dalam subjudul kali ini kita akan membahas menghilangkan virus di Laptop tanpa menggunakan software yaitu dengan cara mengaktifkan Task Manager. Penasaran bagaimana? Berikut adalah caranya:

  • Buka Task Manager pada laptop Anda dengan menekan tombol kombinasi CTRL + SHIFT + ESCAPE.
  • Setelah muncul jendela Task manager, lihatlah program yang sedang berjalan.
  • Jika ada program yang mencurigakan, misalnya program dengan nama-nama aneh, atau program yang Anda rasa tidak pernah menginstalnya, maka matikan program tersebut atau End Task di Task Manager.
  • Lalu jalankan perintah MSConfig.
  • Masuk ke System Configuration, Anda harus masuk ke Tab Service. Anda harus tahu apa saja yang pernah Anda install di Laptop Anda, lalu hapus tanda cek list pada daftar yang Anda curigai sebagai virus.
  • Beralih ke tab Startup, Anda harus menandai file mana yang dicurigai sebagai virus.
  • Langkah selanjutnya, buka Command Prompt, lalu lakukan pencarian terhadap file mencurigakan tersebut di sana. Dan hapus file tersebut (Langkah penghapusan file virus melalui Command Prompt akan dijelaskan setelah ini).

Cara Menghilangkan Virus di Laptop dengan Command Prompt

Menggunakan Command Prompt bisa menjadi salah satu cara mengatasi virus yang ada di Laptop karena Anda tidak membutuhkan aplikasi lain.

  • Masuk ke Command Prompt, caranya yakni Klik Start pada Windows atau tekan tombol Windows yang ada di keyboard, lalu ketik CMD di kolom pencarian. Jika sudah menemukan Command Prompt, klik kanan lalu pilih Run as Administrator.
  • Maka akan muncul jendela Command Prompt berlatar belakang hitam.
  • Tujulah salah satu direktori Anda yang ingin diperiksa apakah ada virus atau tidak. Misal yang Anda ingin periksa adalah direktori D maka ketik “dir D: atrib –s –h/s/d“, kemudian tekan Enter.
  • Anda cukup mengganti huruf D di atas dengan direktori lain yang ingin diperiksa, misalnya saja C.
  • Command Prompt akan mengeksplorasi drive yang dipilih tersebut. Mereka akan memuat semua file yang ada di drive tersebut.
  • Setelah semua terlihat, Pilih file yang menurut Anda asing dan dicurigai sebagai virus atau malware. Misalnya file dengan format .EXE namun Anda tak pernah merasa menginstallnya.
  • Maka Anda bisa menghapus file tersebut di Command Prompt.
  • Bila tak mau terhapus, Search file tersebut lewat Run yaitu klik Start> Run> Regedit> Edit> Find, lalu ketik nama file yang Anda temukan di Command Prompt, kemudian Hapus.
  • File Virus pun terhapus hingga ke folder-foldernya sekalipun.

Cara Menghilangkan Virus di Laptop dengan Software

Software antivirus menjadi salah satu cara yang sering digunakan banyak orang untuk menghilangkan virus di laptop. Sebenarnya laptop sudah dibekali semacam antivirus bawaan seperti Windows Defender, namun terkadang ada pula virus yang tak terdeteksi dengan aplikasi Windows Defender tersebut. Maka software antivirus tambahan juga tetap diperlukan.

Cara Menghilangkan Virus di Laptop dengan Software

Banyak software Antivirus yang beredar di masyarakat baik itu gratis maupun berbayar. Salah satu contohnya adalah software antivirus asal Indonesia Smadav. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama Anda perlu mendownload software Smadav terlebih dulu melalui website resminya.
  • Setelah terdownload, install Smadav di Laptop Anda.
  • Setelah terpasang, maka jalankan software tersebut dan lakukan scanning secara menyeluruh di Laptop Anda.
  • Ada pilihan-pilihan seperti scanning di beberapa bagian atau drive PC saja, namun untuk mencari virus secara menyeluruh Anda pilih Scan seluruh Komputer.
  • Proses Scan ini berlangsung lama sesuai dengan berapa jumlah seluruh file yang ada di Laptop Anda. Karena software antivirus Smadav ini memeriksa file satu per satu apakah terdapat hal yang mencurigakan atau tidak.
  • Jangan matikan Laptop saat silahkan scan. Biarkan Laptop dalam keadaan standby.
  • Selanjutnya jika sudah selesai proses scanningnya, akan muncul pemberitahuan dari Smadav mengenai file mencurigakan yang mereka temukan.
  • Pilih Bersihkan untuk membersihkan Laptop Anda dari file virus tersebut. Tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Selanjutnya setelah scanning Smadav, maka restart laptop Anda untuk memastikan bahwa file yang sudah dibersihkan Smadav telah hilang di laptop Anda.
  • Selesai.

Begitulah beberapa cara menghilangkan virus di laptop dengan macam-macam metode yang bisa dicoba. Sebaiknya Anda mulai memberi perhatian khusus kepada virus tersebut karena dampaknya jika laptop terinfeksi virus yang ganas, kinerja laptop bisa terganggu bahkan bisa membuat laptop mati.

Opsi terakhir yang bisa dilakukan saat hal tersebut terjadi, adalah install ulang. Cara ini bisa dilakukan bila berbagai metode seperti antivirus dan Command Prompt tak mempan untuk menghilangkan virus.

Leave a Reply