Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop – Tidak bisa dihindari, terkadang kesalahan tidak sengaja menghapus file pernah Anda lakukan. Padahal file yang terhapus cukup penting untuk kebutuhan Anda seperti skripsi, dokumen penting perusahaan, atau yang lainnya. Pada saat seperti itu pasti Anda sangat panik dan ingin file tersebut segera kembali.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir, tenang kan diri Anda dan mulailah untuk mencari solusi. File yang tidak sengaja terhapus tersebut tidak hilang begitu saja. Bahkan Anda masih dapat mendapatkan dokumen tersebut kembali. Oleh sebab itu, artikel ini membahas bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di laptop. Berikut adalah alternatif pemecahannya.

Cara Mengembalikan File Terhapus dari Laptop Permanen dan Tidak Permanen

Ada file yang terhapus secara tidak permanen dan ada yang secara permanen. Sekarang Anda harus mengenali bagaimana terhapusnya file Anda. Berikut adalah beberapa alternatif untuk mengembalikan file yang terhapus permanen atau tidak permanen.

1. Menggunakan Ikon Recycle Bin

Untuk Anda yang tidak sengaja menekan tombol DEL atau delete yang akhirnya file tiba-tiba tidak sengaja terhapus, maka Anda bisa menggunakan ikon tong sampah atau Recycle Bin. Ikutilah langkah di bawah ini untuk mengembalikan file dari Recycle Bin.

  • Anda bisa melihat ikon Recycle Bin di desktop atau di menu aplikasi. Klik dua kali aplikasi tersebut.Pilih menu recyle bin
  • Carilah nama file yang terhapus. Anda bisa menggunakan fitur Search/Pencarian untuk memudahkan proses pencarian file.
  • Jika sudah menemukan file tersebut, Klik Kanan pada file dan Anda akan diberikan beberapa pilihan.
  • Pilih Restore. Pada saat sudah klik Restore maka file Anda akan kembali ke folder semula.Pilih menu restore
  • Buka Folder asal file. Anda akan menemukan file penting tersebut di sana.

Cukup mudah untuk mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus atau file yang sudah dihapus namun tidak secara permanen.

2. Pengembalian dengan Metode Backup dan Restore

Jika Anda menghapus file secara permanen dari Recycle Bin sebagai pengguna Windows bisa menggunakan Backup dan Restore. Metode ini bisa digunakan untuk pengguna Windows 7, 8, dan 10. Selain itu, hanya bisa digunakan apabila Anda pernah membackup file Anda melalui Windows Backup.

Untuk mengembalikan file Anda yang terhapus permanen dengan metode ini, maka Anda bisa menggunakan langkah-langkah di bawah ini.

  • Klik menu start atau lambang windows yang terdapat di taskbar laptop.
  • Pilih Control Panel, kemudian Anda akan diberikan opsi.pilih control panel
  • Dari opsi tersebut selanjutnya pilih opsi System and Security.pilih opsi system and security
  • Pada opsi tersebut Anda harus memilih Backup and Restore.pilih menu backup and restore
  • Kemudian klik Restore my Files.
  • Lanjutkan dengan klik Browser for Folder agar dapat memilih backup an file yang sudah Anda lakukan.
  • Anda akan memilih lokasi penyimpanan yang Anda inginkan untuk menyimpan file tersebut kembali.

3. Menggunakan Metode Restore Previous Versions

Untuk para pengguna laptop atau PC dengan Windows 7, 8, dan 10, selain menggunakan metode backup and restore, Anda juga bisa menggunakan metode restore previous versions untuk mengembalikan file Anda yang terhapus secara permanen. Dengan metode ini pasti file Anda bisa kembali lagi ke penyimpanan laptop Anda.

Untuk menggunakan metode ini Anda harus mengaktifkan fitur file history agar dapat mengembalikan file yang telah terhapus. Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan menggunakan metode restore previous versions seperti berikut:

  • Pertama, carilah folder tempat file yang terhapus secara permanen.
  • Kemudian klik kanan pada halaman bebas folder tersebut, Anda akan dihadapkan oleh beberapa opsi.
  • Anda dapat memilih opsi restore previous versions.
  • Setelah Anda memilih opsi tersebut, Anda akan melihat daftar beberapa versi file atau bahkan folder.
  • Untuk lebih cepat, Anda bisa memilih versi yang paling baru.
  • Klik Restore agar file Anda yang terhapus secara permanen bisa kembali ke folder semula.

4. Menggunakan Aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard

Untuk alternatif yang lainnya, Anda bisa mengembalikan file yang terhapus secara permanen dengan menggunakan aplikasi tambahan. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah EaseUS Data Recovery Wizard. Aplikasi tersebut direkomendasikan karena dilihat bisa dengan mudah digunakan (user friendly).

Menggunakan Aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard

Agar dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan file yang terhapus maka unduh dan install aplikasi tersebut di PC atau laptop Anda. Jika sudah berhasil terpasang di PC atau Laptop Anda maka langkah untuk mengembalikan file Anda adalah seperti di bawah ini.

  • Buka aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard.
  • Carilah lokasi atau folder asal file Anda yang telah terhapus.
  • Jika sudah ketemu maka pilih folder/lokasi tersebut dan pilih opsi Scan.
  • Setelah Anda klik scan, maka Aplikasi otomatis akan memindai folder yang telah Anda pilih.
  • Beberapa saat kemudian Anda akan melihat hasil pemindaian pada bagian deleted files.
  • Cari file yang Anda butuhkan untuk dikembalikan.
  • Jika file sudah Anda temukan maka klik recover.
  • Pilih tempat penyimpanan terbaru untuk file tersebut, klik Ok.
  • File tersebut akan dapat digunakan kembali dan terletak di lokasi penyimpanan terbaru.

5. Menggunakan Software Recovery yang Lain

Jika Anda masih bingung atau bahkan mencari cara tercepat untuk mengembalikan file Anda. Ada beberapa pilihan software yang bisa Anda gunakan untuk merecovery file Anda. Beberapa software yang direkomendasikan adalah:

  1. MiniTool Partition Recovery
  2. Wise Data Recovery
  3. Recuva Software, atau
  4. PC Inspector File Recovery

Anda bisa mendapatkannya di tempat download software dan menginstalnya di laptop Anda.

Cara Melindungi File Agar Tidak Mudah Hilang

Untuk Anda yang ingin melindungi file Anda agar tidak mudah hilang ada beberapa cara untuk melindunginya. Hal ini sangat bagus untuk yang menggunakan Laptop untuk kegiatan sehari-hari dalam pekerjaan sehingga file lebih terjaga dan tidak perlu takut hilang.

1. Simpanlah Back Up data di tempat selain Laptop

Anda bisa menggunakan tempat lain untuk penyimpanan file cadangan Anda. Dengan begitu setiap memerlukan file Anda bisa dengan mudah menemukannya dan tidak takut hilang pada saat di laptop karena sudah memiliki di tempat lain. Namun, Anda harus konsisten dan rajin memback up file Anda, agar backup an tersebut bisa terus update sesuai revisi Anda.

2. Gunakan Penyimpanan Online

Jika Anda sudah melakukan beberapa cara untuk menyimpan di tempat selain laptop, maka ada beberapa alternatif penyimpanan online. Dengan penyimpanan online Anda tidak perlu lagi repot untuk mencari data yang terhapus dari laptop.

Selain itu, saat Anda ingin menggunakannya secara mendadak maka Anda bisa mencarinya di penyimpanan online yang bisa Anda akses dari perangkat lain. Dengan begitu sangat aman untuk file Anda.

Untuk Anda yang sedang bingung untuk mengolah file Anda khususnya tempat penyimpanan file. Beberapa altenatif di atas dapat Anda gunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika file Anda terjaga dengan aman maka akan membuat belajar atau bekerja lebih tenang. Simpan file Anda dengan baik seperti menyimpan barang berharga Anda yang lainnya.

Leave a Reply