3 Cara Mengecek Plagiarisme Dengan Mudah

Cara Mengecek Plagiarisme – Bagi seorang jurnalis, content writer, dan akademisi, hal-hal menyangkut plagiasi/ plagiarisme adalah sesuatu yang sangat krusial. Tindakan ini merupakan suatu hal yang tak etis untuk dilakukan di dunia literasi karena sama saja dengan menjiplak karya orang. Karenanya, Anda patut mengetahui cara mengecek plagiarisme pada karya yang Anda tulis agar tak terjerat kasus di kemudian hari.

8 Cara Mengecek Plagiarisme

Cara Mengecek Plagiarisme Menggunakan Berbagai Tools

Tak hanya untuk kalangan akademisi yang tengah mengerjakan tugas atau skripsi, nyatanya plagiasi telah banyak terjadi di dunia literasi, termasuk penulisan artikel SEO. Padahal, plagiasi dan tindakan copy paste ini dianggap menduplikat dan tak akan mendapat toleransi dari pihak mesin pencari, terutama Google sebagai search engine yang paling banyak diakses.

Dari sisi kualitas, karya hasil plagiarisme tentu memiliki nilai yang rendah lantaran hasil dari mencomot karya lain dan tak memiliki orisinalitas dan keunikan yang khas. Selain kemungkinan artikel tercekal, hal ini juga bisa menjadi bom waktu di kemudian hari. Nah, untuk mengantisipasi kegiatan plagiasi ini ada beberapa cara mengecek plagiarisme menggunakan beberapa tools di bawah ini.

1. Menggunakan SmallSEOtools

SmallSEOtools biasa dimanfaatkan oleh para blogger dan content writer karena adanya tuntutan akan konten tulisan yang berkualitas dan bebas dari plagiasi. Di aplikasi ini, Anda bisa mengecek plagiarisme hingga jumlah maksimal 5.000 karakter per sekali pengecekan. Aplikasi ini makin digandrungi lantaran gratis dan sangat mudah dijalankan.

Menggunakan SmallSEOtools

Berikut urutan cara pengecekan lewat SmallSEOtools:

  • Buka browser Anda, lalu klik alamat website smallseotools.com pada kolom mesin pencarian.
  • Copy paste pekerjaan Anda pada kolom yang ada pada halaman utama, atau Anda bisa mengunggah dalam bentuk file dengan mengklik tautan Import di bagian bawah dalam dokumen bentuk word.
  • Jika tulisan telah tertempel atau tautan berhasil diunggah, klik menu Plagiarisme Checker yang ada di bagian bawah kolom.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pengecekan dilakukan, batas maksimal kata yang dicek adalah 1.000 kata, jika ingin memaksimalkan hingga di angka 5.000, Anda perlu membuat akun langganan, jika ingin memanfaatkan fitur gratisan bagilah pengecekan per 1.000 kata.

Nantinya, sistem akan menunjukkan berapa persen plagiarisme dalam tulisan yang Anda cek. Indikator hijau menunjukkan tingkat plagiarisme yang masih bisa ditolerir. Anda juga bisa mengecek kalimat-kalimat mana yang mengandung plagiasi dan saat diklik pada tulisan tersebut, Anda akan diarahkan pada konten sumber.

2. Menggunakan Plagscan

Sama seperti SmallSEOtools, Anda bisa melakukan pengecekan plagiarisme melalui situs Plagscan. Berikut tata cara penggunaannya secara lebih detail.

Menggunakan Plagscan

  • Bukalah browser dan kunjungi situs resmi Plagscan di search engine yang biasa Anda gunakan.
  • Untuk dapat menggunakan fitur cek plagiasi, Anda diharuskan membuat akun terlebih dahulu.
  • Setelah akun selesai dibuat, Anda akan diarahkan pada laman utama di mana Anda bisa melakukan proses pengecekan.
  • Masukkan tulisan yang hendak dicek originalitasnya melalui import file, copy paste langsung tulisan Anda, atau dengan menyisipkan langsung link web yang hendak diuji.
  • Jika file yang dikehendaki telah terunggah dan siap diproses, klik tombol Check untuk mulai mengecek tulisan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dilakukan dan muncul hasil laporan, klik Report.

Nah, Anda pun akan mendapati hasil pengecekan dan kalimat mana saja yang telah terindikasi merupakan hasil plagiarisme atau bukan. Jika banyak dijumpai tulisan berwarna merah, sudah bisa dipastikan bahwa itu merupakan hasil plagiasi. Anda bisa mengklik tulisan tersebut jika ingin mengunjungi tulisan yang terdapat pada web asli yang diplagiasi.

Namun, sayangnya Anda terbatas boleh menggunakan versi gratis hingga 20 kredit saja. Sisanya, Anda harus meningkatkan dengan mendaftar versi premium agar dapat menikmati keseluruhan fiturnya.

3. Menggunakan Quetext.com

Dibandingkan dua situs sebelumnya, Quetext terbilang memiliki tingkat akurasi yang lebih detail dan tajam. Anda hanya diperkenankan melakukan trial pengecekan sebanyak satu kali. Selebihnya, Anda wajib membuat akun untuk menjalankan fitur di situs ini.

Menggunakan Quetext.com

Namun, untuk pengguna gratisan hanya diperkenankan hingga batas 500 kata saja. Beda halnya dengan pengguna premium yang bisa melakukan akses hingga 25.000 kata. Anda bisa melakukan pengecekan dengan mengikuti langkah berikut ini.

  • Buka browser dan kunjungi alamat web resmi quetext.com.
  • Login dengan akun Anda, jika belum punya buatlah akun terlebih dahulu.
  • Jika sudah berhasil masuk ke halaman utama, Anda akan mendapati sebuah blank page, copy paste tulisan Anda pada kolom Enter Your Text Here to Check For Plagiarism.
  • Atau, Anda bisa melakukannya dengan langsung menekan pilihan Upload Files dan memilih dokumen yang hendak dicek kadar plagiasinya.
  • Jika sudah memasukkan tulisan, klik tombol Check Plagiarisme berwarna hijau di bagian bawah.
  • Tunggu beberapa saat hingga hasilnya terlihat, Anda akan mendapati hasil pengecekan yang maksimal dan hasil akan menunjukkan kalimat yang terindikasi plagiat beserta sumber aslinya.

Pengecekan dengan quetext ini mampu memproses tingkat plagiasi hingga detail. Jadi, sekalipun Anda paraphrasing dan mengubah beberapa kata, Anda akan tetap terindikasi plagiat jika kemiripannya dengan kalimat asli melebihi angka 50%. Untuk tingkat akurasi maksimal, Anda bisa menjadi pengguna berbayar dengan jumlah kata maksimal 25.000 dan tarif sebesar 9,99 dollar per bulan.

Selain beberapa situs web di atas, masih ada banyak situs lain yang bisa Anda kunjungi untuk pengecekan plagiarisme. Mulai dari Copyscape, Plagium, Dustball, Dupli Checker, hingga Grammarly. Dari sekian banyak opsi yang ada, cara mengecek plagiarisme mana yang Anda suka?

Leave a Reply