8 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7/8/10 (Ampuh!)

Cara Mempercepat Kinerja Laptop / Komputer – Memiliki laptop atau komputer dengan kinerja yang lambat pastinya sangatlah mengganggu aktivitas, tetapi ternyata laptop yang lola bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Jadi, sebelum mengetahui cara mempercepat kinerja laptop maka sebaiknya juga ketahui penyebabnya terlebih dahulu. Ketika menggunakan laptop janganlah hanya memahami perintah secara umumnya saja. Tetapi, ketahui pula hal paling detail yang berpengaruh dalam kinerja laptop.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Nah, software dan hardware juga menjadi salah satu faktor pendukung yang sangat penting untuk menunjang kinerja laptop menjadi lebih cepat. Perlu diketahui bahwa system laptop lebih mudah menurun ketika tidak digunakan. Apabila Anda tidak menginginkan kinerja laptop menjadi melambat maka gunakanlah secara rutin agar kinerja sistemnya benar-benar tetap stabil.

Tak jauh berbeda dengan penggunaan android, laptop / komputer juga perlu mengupdate beberapa system yang sesuai dengan sistem operasinya sehingga support dengan berbagai software aplikasi yang terdapat dalam perangkat , tetapi tidak membuat kinerjanya menjadi menurun ataupun melambat.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Sudahkah Anda mengetahui cara mempercepat kinerja laptop? Apabila belum mengetahuinya maka sebaiknya simaklah seputar penjelasan yang terdapat dalam list di bawah ini.

1. Nonaktifkan Program di Startup

Mempercepat Kinerja Laptop dengan Menonaktifkan Windows Startup

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk cara mempercepat kinerja laptop yaitu menonaktifkan program di startup. Jadi performa laptop dapat menurun apabila banyaknya program yang sedang berjalan dalam menu ‘stratup’. Oleh karena itu, dengan menonaktifkan aplikasi yang berjalan memang akan mempercepat performa sistem kemudian meningkatkan respons secara keseluruhan sistem dalam laptop.

Sudah tahu cara menonaktifkan program di statup? Cara mudahnya yaitu Anda bisa langsung tekan Ctrl + Shift + Esc yang berfungsi untuk membuka menu Task Manager kemudian klik tab Startup. Setelah itu, Anda bisa langsung melihat daftar aplikasi seceara otomatis. Dengan demikian maka Anda juga bisa langsung memilih aplikasi yang akan dinonaktifkan dengan klik kanan lalu pilih disable pada aplikasi yang jarang digunakan.

2. Nonaktifkan Efek dan Animasi

Berikutnya cara mempercepat kinerja laptop yaitu Anda bisa menonaktifkan efek dan animasi pada laptop. Ternyata salah satu penyebab PC menjadi lambat dalam beroperasi bisa dikarenakan efek visual dan animasi yang memberatkan sumber daya sistem karena sangat mempengaruhi performa dari laptop itu sendiri.

Sudah tahu cara menonaktifkan efek dan animasi? Apabila belum mengetahuinya maka Anda bisa pilih start menu kemudian klik kanan lalu pilih system. Setelah itu Anda bisa langsung klik advanced system setting kemudian bisa langsung pilih performance setting. Nah, pada menu tab ‘Visual Effects‘, pilihlah menu ‘Adjust fot best perfamance‘ atau ‘Custom‘ untuk Anda bisa memilihnya secara manual.

3. Uninstall Bloatware

Ternyata software bawaan dari laptop yang tidak sesuai juga bisa menimbulkan bloatware. Bahkan perannya sangatlah mudah membuat performa laptop Anda menjadi menurun. Ketahuilah bahwa ruang penyimpanan bloatware memang menghalangi kinerja aplikasi yang lainna. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghapus saja beberapa aplikasi yang dianggap tidak penting.

Cara mempercepat kinerja laptop dengan menghapus bloatware juga sangatlah mudah yaitu Anda bisa membuka start menu kemudian klik kanan kemudian pilih control panel. Lalu Anda dapat melanjutkannya dengan memilih programs kemudian klik programs dan features. Selanjutnya Anda bisa langsung pilih uninstall/change untuk menghapus beberapa bloatware yang memang tidak dibutuhkan.

4. Gunakan Performance Monitor

Cara Mempercepat Kinerja Laptop dengan Performance Monitor

Apabila Anda sudah memiliki laptop dengan sistem operasi Windows 10 maka sudah memiliki tools yang mampu memantau kinerja secara real-time atau sering disebut dengan ‘Performance Monitor‘. Ketahuilah bahwa tool yang satu ini memang menampilkan secara rinci dalam sistem dan sumber daya perangkat keras.

Ketahuilah cara mempercepat kinerja laptop dengan mengaktifkannya sangatlah mudah yaitu Anda bisa membuka start menu kemudian langsung klik pilihan menu ‘Performance Monitor‘. Kemudian Anda bisa melanjutkannya dengan memilih opsi Reports lalu pilih System kemudian langsung klik System Diagnostics.

Setelah itu, dapat dipastikan bahwa performance monitor pada windows 10 Anda sudah aktif sehingga performa laptop juga akan lebih cepat.

5. Aktifkan Hibernate Mode

Ternyata dengan mengaktifkan hibernate mode juga akan sangat berpengaruh dalam mempercepat kinerja laptop. Tentunya hibernate merupakan kegiatan menyimpan semua kerja memori ataupun menyimpan berbagai kegiatan yang sedang dilakukan pada lapyop walaupun dimatikan. Nah, ketika dihidupkan kembali maka tampilan laptopnya akan sama seperti laptop sebelum dihibernate.

Ketahui cara hibenate yang sangatlah mudah yaitu dengan Tekan Windows Key + i kemudian pilih System. Setelah itu, Anda bisa langsung memilih ‘Power & Sleep‘ kemudian klik ‘Additional power settings‘ klik ‘Power Option‘. Kemudian Anda bisa melanjutkannya dengan memilih ‘Choose what the power buttons do‘ klik ‘Change settings that are currently unavalaibe‘. Setelah itu, Anda bisa langsung mengaktifkan opsi Hibernate.

Dengan cara tersebut maka Anda dapat mengaktifkan hibenate mode sebelum mematikan laptop agar dapat membuat performanya menjadi lebih cepat.

6. Nonaktifkan Search Indexing

Cara Mempercepat Kinerja Laptop dengan Menonaktifkan Search Indexing

Menonaktifkan seacrh indexing juga dapat membantu Anda dalam cara mempercepat kinerja laptop. Apa sih itu fitur search indexing? Kenalilah sebagai fitur untuk melemahkan performa untuk mengatasi pekerjaan yang banyak menggunakan sumber daya sistem. Oleh karena itu, fitur yang satu ini memang harus dihapuskan agar kinerjanya menjadi lebih cepat. Tetapi search indexing ini mudah ditemukan pada sistem windows 10.

Untuk windows lainnya memang belum terdapat fitur tersebut, untuk menonaktifkannya maka Anda bisa langsung membuka start menu kemudian klik kanan. Setelah itu, Anda bisa langsung pilih computer management lalu klik dua kali pada pilihan service and aplication kemudian langsung klik services. Lalu cari windows search maka Anda bisa langsung klik dua kali.

Apabila sudah muncul adanya pop up maka Anda bisa langsung klik ‘Startup type‘ kemudian Anda memang harus memilih menu manual atau disable lalu langsung klik OK untuk menyimpan perubahan pengaturan tersebut.

7. Hapus Extension atau Add-ons di Browser

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Dengan Menghapus Extension Browser

Ternyata extension pada browser juga cukup membuat performa laptop menjadi melambat. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghapusnya agar dapat mempercepat kinerja laptop. Perlu diketahui bahwa ekstensi browser akan bekerja pada setiap tab yang dibuka sehingga semakin banyak tab browser yang dibuka maka akan semakin besar sumber daya sistem yang digunakan.

Kebanyakan extension memang sangatlah memperlambat kinerja laptop, sudah tahukah cara menghapusnya? Ternyata cara hapus extension sangatlah mudah yaitu Anda bisa membuka menu browser lalu pilih bagian setting kemudian hapus extension atau Anda juga bisa mengganti solusinya dengan klik add-ons yang ada di browser.

8. Ganti Hardisk dengan SSD (Solid State Drive)

Cara Mempercepat Kinerja Laptop dengan Menggunakan SSD

Cara yang terakhir yang sangat direkomendasikan untuk mempercepat kinerja laptop adalah dengan menggunakan SSD pada laptop anda, kinerja SSD jauh lebih cepat dibandingkan dengan Hardisk dikarenakan SSD bergerak secara elektrik dalam menyimpan dan mengambil data. Sedangkan Hardisk bergerak secara mekanik dalam mengambil data dan menyimpannya.

Dengan demikian maka akan sangatlah membantu dalam mengembalikan kinerja laptop lebih cepat dari biasanya.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa cara mempercepat kinerja laptop sangatlah bervariasi dari berbagai penyebabnya sehingga Anda dapat memilih cara yang dianggap paling recoemended tentunya.

Leave a Reply