4 Cara Mempercepat IDM, 100% Terbukti Ampuh!

Cara Mempercepat IDM – IDM atau Internet Download Manager merupakan salah satu aplikasi download manager yang sering digunakan saat ini dalam urusan pengunduhan berbagai macam file. Penggunaan IDM ini dinilai lebih cepat dan menguntungkan karena terdapat fitur resume yang dapat digunakan untuk menjeda proses pengunduhan. Jika Anda merupakan pengguna IDM, maka perlu tahu cara mempercepat IDM.

Cara Mempercepat IDM

Sebenarnya terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan download seperti halnya server download, rata-rata kecepatan dari jaringan yang digunakan, dan berbagai macam hal lainnya. Meskipun begitu, dengan menggunakan IDM akan membuat proses pengunduhan dapat menjadi lebih cepat. Untuk itu, berikut beberapa cara mempercepat IDM yang dapat Anda coba.

Cara Mempercepat IDM Menggunakan Setting Registry Editor

Cara pertama yang dapat Anda coba untuk mempercepat proses download pada IDM adalah dengan melakukan setting terhadap IDM melalui regedit atau Registry Editor. Berikut tahapan-tahapan dalam menggunakan Registry Editor untuk mempercepat IDM.

  1. Langkah pertama adalah mengetikkan “run” pada Start Menu lalu klik opsi run yang muncul. Anda juga dapat membuka perintah run dengan melakukan kombinasi tombol “Windows dan R” secara bersamaan pada keyboard.
  2. Setelah halaman run terbuka, maka ketika “regedit” kemudian klik Ok atau tekan Enter pada keyboard.Regedit
  3. Pada tab Computer, klik opsi Software, lalu Internet Download Manager. Setelah itu pilih HKEY_CURRENT_USER.HKEY Current User Software
  4. Kemudian klik kanan pada tulisan Connection Speed lalu pilih opsi modify, maka akan muncul halaman pengaturan.
  5. Apabila sudah halaman pengaturan sudah muncul, ubah angka yang ada di opsi Value Data menjadi 999999.
  6. Sebelum Anda klik Ok, pastikan terlebih dahulu bahwa pada opsi Base sudah memilih Decimal.

Cara Mempercepat IDM Menggunakan Setting IDM

Dapat dibilang bahwa cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat IDM selanjutnya cukup sederhana. Anda hanya perlu melakukan beberapa pengaturan dalam aplikasi IDM atau Internet Download Manager yang digunakan. Untuk itu, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama buka terlebih dahulu aplikasi IDM yang digunakan pada PC Anda.
  2. Setelah aplikasi IDM tersebut terbuka, maka klik pada menu Download kemudian pilih opsi Option. Nantinya akan ada sebuah halaman yang muncul.Melalui IDM
  3. Ketika halaman tersebut sudah muncul, pilih opsi Connection.Melalui IDM Konfigurasi
  4. Langkah selanjutnya adalah mengubah dari tipe Connection menjadi High Speed : Direct Connection Wifi / (Ethernet/Cable) / Mobile 4G / Others.
  5. Kemudian Anda perlu untuk mengubah angka yang ada di dalam kolom Default Max.conn.number.Melalui IDM Konfigurasi Number Angka untuk Kecepatan
  6. Jika kecepatan download IDM yang Anda gunakan mencapai 1 mbps atau lebih, maka setting angka dengan 32. Namun, apabila kecepatan hanya mampu mencapai beberapa Kbps saja atau bahkan tidak sampai menyentuh angka 1 Mbps, maka ubah angka tersebut menjadi 16.

Cara Mempercepat IDM Menggunakan Proxy

Cara yang dapat Anda coba selanjutnya jika beberapa cara sebelumnya tidak berhasil adalah menggunakan Proxy. Cara yang satu ini akan memanfaatkan Proxy menjadi sebuah perantara antara server download dengan perangkat PC atau komputer yang digunakan. Berikut langkah-langkah dan penjelasannya.

  1. Buka web browser yang digunakan pada perangkat PC Anda.
  2. Langkah selanjutnya yaitu buka website yang menyediakan Proxy. Terdapat website penyedia Proxy di internet dan Anda dapat memilih Proxy sesuai dengan keinginan.
  3. Setelah situs Proxy yang dibutuhkan telah terbuka, maka cari opsi Anonymity Level kemudian klik pilihan Low.
  4. Selain itu, klik centang bertuliskan Fast pada opsi Speed dan juga Connection Time.
  5. Untuk pengaturan lain biarkan seperti default, kemudian klik pada Update Result.
  6. Nantinya akan muncul beberapa Proxy yang berasal dari seluruh dunia. Berbagai Proxy tersebut dapat Anda pilih dan gunakan salah satunya.
  7. Setelah itu Buka IDM, kemudian klik pada menu Download lalu klik opsi Option.
  8. Langkah terakhir adalah menuju pada Tab Proxy/Socks. Isi kolom Proxy serta port yang berada di Proxy HideMyAss sebelumnya lalu klik Ok. Penggantian Proxy sudah berhasil dan dapat membuat pengunduhan pada IDM menjadi lebih cepat.

Cara Mempercepat IDM Menggunakan IDM Optimizer

Selain beberapa cara di atas, Anda juga dapat mencoba salah satu cara yang kemungkinan besar berhasil dalam mempercepat unduhan melalui IDM. Cara berikut ini adalah menggunakan sebuah aplikasi dari IDM sendiri yang bernama IDM Optimizer. Selain itu, cara ini juga sangat mudah dilakukan. Oleh karena itu, berikut langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama yakni Anda perlu mendownload aplikasi IDM Optimizer terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, instal aplikasi tersebut pada PC yang digunakan.
  3. Setelah aplikasi terinstal jangan buka aplikasinya, pastikan terlebih dahulu bahwa semua proses download yang berjalan pada IDM telah berhenti atau Close terlebih dahulu IDM yang digunakan.
  4. Kemudian buka aplikasi IDM Optimizer, nantinya akan muncul sebuah halaman yang terdapat dua opsi pilihan yaitu “Maximize Now!” dan “Restore Default”.
  5. Di sini Anda hanya perlu mengklik opsi Maximize Now!, lalu dapat melanjutkan proses download yang dilakukan pada IDM sebelumnya.
  6. Banyak orang yang telah membuktikan bahwa penggunaan aplikasi IDM Optimizer ini sangatlah berefek pada kecepatan download di IDM.

Dengan beberapa cara untuk mempercepat proses download pada IDM di atas, tentunya berbagai file yang hendak diunduh akan selesai dalam waktu yang lebih singkat. Namun perlu Anda ketahui setelah melakukan cara di atas, alangkah baiknya jika mengembalikan pada posisi semula apabila proses download telah selesai agar tidak ada kemungkinan masalah di masa mendatang.

Leave a Reply