Cara Belajar Menjadi Hacker Untuk Pemula, Mudah!

Cara Belajar Menjadi Hacker – Hacker bisa menjadi salah satu pekerjaan impian yang anda inginkan. Pengaruh film-film Hollywood seperti yang berjudul Mr. Robot menunjukkan pekerjaan hacker yang didominasi orang pintar dapat menarik minat sebagian orang untuk menggeluti pekerjaan ini. Kini, banyak orang yang berminat untuk mengetahui cara belajar menjadi hacker.

Cara Belajar Menjadi Hacker

Dalam perkembangan zaman, belajar menjadi hacker kini bahkan bisa dipelajari di smartphone yang menghubungkan internet. Artinya mempelajari teknik-teknik hacking semakin mudah dan bisa dipelajari sendiri. Seperti apa caranya menjadi seorang hacker pemula? Mari kita bahas di bawah, namun sebelumnya perlu kita ketahui dulu pengertian hacker itu sendiri.

Pengertian Hacker dan Hacking

Menjadi Hacker adalah sebuah tantangan namun juga kebanggan tersendiri. Tantangan karena anda diharuskan untuk menjebol sebuah sistem dan jika sudah berhasil, maka anda memiliki kebanggan karena bisa menguntungkan secara finansial. Hacker sendiri secara pengertian adalah orang yang melakukan peretasan atau teknik hacking dalam sebuah sistem, baik sistem komputer maupun mobile.

Seorang Hacker juga melakukan analisa, pembelajaran untuk kemudian melakukan eksploitasi pada suatu sistem, baik itu terhadap software maupun hardware, pada umumnya adalah pada sistem keamanannya. Seorang Hacker pasti memiliki keahlian lebih dalam bahasa pemrograman untuk menganalisa maupun memperbaiki sistem suatu website.

White Hat Hacker dan Black Hat Hacker

Profesi Hacker dibagi menjadi dua jenis, yakni White Hat Hacker dan Black Hat Hacker, merujuk untuk julukan kepada hacker baik dan buruk. White Hat Hacker berarti Hacker bertopi putih, yakni hacker yang memanfaatkan keahliannya untuk hal-hal baik seperti menjaga keamanan suatu sistem, memperbaiki kelemahan suatu website, dan memperkuat keamanan suatu website.

Sedangkan Black Hat Hacker adalah orang atau hacker yang menggunakan keahliannya untuk hal-hal buruk, seperti menjebol sebuah sistem untuk mencuri, membobol kartu kredit, dan berbagai kejahatan internet lainnya yang bertujuan untuk mendapatkan uang dan memperkaya diri. Seorang Hacker Black Hat juga bisa melakukan hal-hal negatif seperti menumpangkan virus, malware atau spyware yang membuat sistem rusak.

Pada perkembangannya, Black Hat Hacker lebih dikenal sebagai cracker. Sedangkan istilah hacker merujuk kepada white hat hacker yang melakukan kebaikan. Namun banyak orang yang salah kaprah menyamaratakan semua hacker adalah cracker, atau yang berhubungan dengan kejahatan internet. Istilah ini harus diluruskan bahwa yang melakukan kejahatan adalah cracker, bukan seorang hacker.

Materi yang Perlu Dikuasai untuk Jadi Hacker

Berikut ini adalah materi yang anda perlu ketahui sebagai cara belajar menjadi hacker profesional, di antaranya adalah:

  • Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemograman

Salah satu hal pertama yang perlu dipelajari oleh anda adalah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman atau disebut koding cukup banyak jenisnya seperti HTML, PHP, Javascript, Bahasa pemrograman C, Phyton, CSS, Delphi, SQL dan berbagai bahasa pemrograman yang lainnya. Anda perlu belajar dari mulai struktur kodenya hingga source-source kode programming tersebut.

Anda bisa memanfaatkan internet untuk mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman seperti yang sudah disebutkan tadi. Namun diingatkan kepada anda bahwa belajar bahasa pemrograman tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda harus berjuang dan terus bersemangat tinggi terlebih jika tidak ada mentor yang mendampingi.

  • Hardware

Hardware Komputer

Hardware atau perangkat keras komputer juga menjadi salah satu hal yang perlu anda pelajari. Pasalnya hardware sebuah komputer cukup rentan mengalami permasalahan atau kerusakan. Dengan memperbaikinya, maka anda bisa terlatih memecahkan masalah dengan solusi dengan menganalisa sistem yang ada pada hardware tersebut.

Dalam proses pembelajaran, memperbaiki hardware juga menguntungkan anda karena dapat memperbaiki sendiri tanpa dibawa ke tukang service. Banyak yang bilang jika seorang hacker tidak perlu mempelajari hardware karena selalu berhubungan dengan peretasan sistem perangkat lunak. Namun hal tersebut adalah salah besar, seorang hacker akan lebih bernilai jika ia juga menguasai hardware.

  • Software

Perangkat Lunak Atau Software

Selain hardware, materi pokok dari seorang hacker adalah menguasai software atau perangkat lunak. Anda perlu mempelajari software untuk menemukan solusi atau celah atas apa masalah yang muncul di dalam sebuah sistem. Beberapa software yang perlu dikuasai yaitu beberapa sistem operasi seperti Windows, Linux, iOs dan FreeBSD.

Untuk proses awal pembelajaran, anda lagi-lagi bisa memanfaatkan internet dan Google. Pada tahap awal, biasanya hacker juga harus paham penggunaan aplikasi wireshark untuk mencuri password user melalui wifi. Keahlian ini bertujuan untuk anda mengetahui cara bertahan atau menghindari dari sebuah serangan hacker lainnya,

  • Jaringan dalam Sistem Komputer

Jaringan merupakan salah satu hal terpenting yang harus dipelajari oleh seorang hacker. Tujuannya adalah anda bisa mengkonfigurasi atau mengatur suatu jaringan sehingga bisa dengan lancar mengubah alamat IP, masuk ke dalam https dan masih banyak manfaat lainnya. Belajar suatu jaringan, anda bisa mempelajari berbagai macam tentang HTTPS, IP/TCP, FTPs dan lain-lain.

  • Bahasa Inggris

Selain bahasa pemrograman dan berbagai hal yang perlu dipelajari di atas tadi, anda juga perlu mempelajari bahasa Inggris untuk menjadi seorang hacker. Hal ini dikarenakan pada bahasa pemrograman sangat erat kaitannya dengan penggunaan bahasa Inggris. Bahasa-bahasa teknis dalam pemrograman menggunakan Bahasa Inggris.

Namun demikian, belajar Bahasa Inggris dalam dunia IT adalah tentang istilah-istilah pada komputer, bukan Bahasa Inggris secara struktur bahasa atau grammar. Anda bisa belajar dengan memanfaatkan internet, atau belajar dengan menonton film-film soal hacker seperti Who Am I, Mr.Robot, Cybergeddon dan masih banyak lagi.

Teknik-teknik Hacking

Berikut ini adalah teknik-teknik hacking yang dilakukan oleh Cracker. Di antaranya:

  • DDos

Adalah kepanjangan dari Distributed Denial of Service, yakni melakukan serangan bertubi-tubi pada server hingga tidak mampu menahan dan dampaknya tidak stabil. Server pun menjadi down dan tidak bisa diakses.

  • Brute Force

Brute Force adalah teknik hacking yang menggunakan teknik mencari kombinasi password pada suatu akun terus menerus hingga mendapatkannya. Teknik ini membutuhkan waktu cukup lama namun sangat efektif untuk masuk ke dalam suatu sistem.

  • Phising

Teknik Phising berasal dari kata fishing yakni memancing. Cara kerjanya adalah dengan memancing orang atau user untuk login di halaman yang dibuat oleh Cracker atau Black Hat Hacker. User atau orang tersebut tidak akan menyadari bahwa halaman login itu palsu karena telah dibuat semirip mungkin.

Belajar Secara Formal dan Nonformal

Cara belajar menjadi hacker bisa ditempuh secara formal maupun nonformal. Ada bisa memilih salah satu di antaranya untuk mengawalinya. Atau anda bisa mengikuti kedua-duanya jika memang yakin mampu atau bisa,
Belajar secara formal atau mengikuti pendidikan untuk menjadi seorang hacker dapat menguntungkan karena selain materi yang didapat lebih banyak, juga disertai fasilitas seperti praktik hacking dengan simulasi yang sudah disiapkan. Selain itu, proses pembelajaran juga mendapat pendampingan dari mentor yang sangat berguna bagi anda untuk diskusi.

Bagi anda yang terlalu malas atau membutuhkan mentor agar mau belajar, pembelajaran secara formal ini sangat cocok karena biasanya jika belajar sendiri akan bosan, ataupun kehilangan semangat karena tidak ada partner diskusi. Materi-materi hacking yang diberikan jadi akan diproses dengan mudah karena pengajar atau guru akan menjelaskan secara lebih rinci sampai anda paham.

Sedangkan untuk proses pembelajaran non formal, yaitu dengan cara mengikuti berbagai macam komunitas yang berhubungan dengan dunia hacking. Anda juga bisa mencari sendiri pengetahuan tersebut melalui internet dan Google. Pendidikan non formal seperti ini biasanya tidak memerlukan biaya alias gratis dalam menempuhnya.

Namun demikian, dibutuhkan semangat yang tinggi dan rasa ingin tahu yang lebih dari anda untuk bisa bertahan dan terus menggali pengetahuan baru soal hacking. Anda bisa mempraktikkan langsung sendiri jika anda mau. Namun untuk praktik simulasi, anda tentu membutuhkan biaya sendiri agar terlaksana, Coba-coba dalam meretas situs orang lain tidak diperkenankan dan bisa dihukum secara pidana.

Leave a Reply