4 Cara Aktivasi Windows 10 Paling Mudah, Work!

Cara Aktivasi Windows 10 – Ketika menginstal Windows 10 di PC Anda, tentu saja perlu untuk melakukan aktivasi. Aktivasi ini sebenarnya ditujukan agar setiap penggunanya dapat menggunakan semua fitur yang telah tersedia. Untuk mengaktivasi Windows 10 ini, tentunya mengharuskan penggunanya membeli produk asli secara berbayar. Namun tidak perlu khawatir karena ada cara aktivasi Windows 10 secara gratis.

Cara Aktivasi Windows 10

Dapat dikatakan bahwa Windows 10 ini merupakan salah sistem operasi yang banyak digunakan di seluruh dunia. Jadi, bukan hal yang baru lagi jika banyak orang yang mencari cara untuk mengaktivasinya agar dapat menggunakan Windows 10 ini secara gratis. Oleh karena itu, terdapat beberapa cara aktivasi Windows 10 yang dapat Anda coba yakni sebagai berikut.

Cara Aktivasi Windows 10 Online

Cara pertama untuk melakukan aktivasi Windows 10 yang dapat dicoba adalah melalui internet atau secara Online. Dengan cara aktivasi Online Windows 10 ini, Anda bisa mendapatkan Products Key secara Online. Oleh karena itu, berikut beberapa langkah yang perlu untuk diperhatikan dalam melakukan aktivasi Online Windows 10.

1. Memastikan Koneksi Internet

Tahapan pertama pastinya Anda perlu memastikan bahwa komputer yang digunakan sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Cobalah membuka berbagai situs karena proses aktivasi Online ini membutuhkan jaringan internet yang stabil agar tidak terjadi kegagalan dalam proses pengaktivasian.

2. Mencari Serial Number

Langkah yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mencari Serial Number atau Product Key sesuai dengan versi Windows 10 yang digunakan. Jangan khawatir, karena saat ini banyak tersedia Serial Number dari berbagai versi Windows 10. Setelah memperoleh Serial Number yang sesuai dengan Windows 10 yang diinstal pada PC Anda, maka simpan Serial Number tersebut.

3. Mulai Proses Aktivasi

Setelah Anda memastikan bahwa koneksi internet yang digunakan stabil dan memperoleh serial number, maka langkah yang harus digunakan selanjutnya adalah mengklik pada tombol Start di bagian pojok kiri bawah kemudian pilih ikon menu Setting Windows yang berbentuk layaknya gerigi. Setelah itu, menu Windows Setting akan terbuka kemudian klik pada menu “Update Security”.

Aktivasi Windows 10 Update Security

Kemudian Anda dapat scroll ke arah bawah dan mencari menu “Activation”. Jika sudah ketemu klik menu tersebut. Fokus pada sisi di sebelah kanan lalu klik opsi “Change Product Key”. Pada kolom Product Key, Anda perlu memasukan Serial Number yang tadi telah dicari kemudian klik opsi “Next”. Kemudian klik opsi “Activate” dan tunggu hingga proses aktivasi Windows 10 ini selesai.

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan KMSpico

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengaktivasi Windows 10 adalah dengan menggunakan bantuan dari sebuah aplikasi yang bernama KMSpico. Perlu untuk Anda ketahui bahwa sudah banyak sekali orang yang membuktikan bahwa aktivasi Windows 10 menggunakan KMSpico berhasil secara permanen. Berikut langkah-langkah dalam menggunakan KMSpico.

1. Download Aplikasi KMSpico

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendownload aplikasi aktivator yang bernama KMSpico terlebih dahulu. Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan banyak waktu dan data internet karena besar dari aplikasi ini cukup kecil tepatnya hanya beberapa MB saja.

2. Jalankan Aplikasi KMSpico

Setelah proses download KMSpico selesai, Anda perlu mengekstrak terlebih dahulu file ini karena biasanya mempunyai format .rar. Setelah itu, jangan lupa untuk mematikan antivirus sebelum menjalankan aplikasi tersebut karena tidak jarang antivirus mendeteksi aplikasi KMSpico sebagai sebuah virus. Setelah antivirus dinonaktifkan, maka langsung saja jalankan KMSpico.

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan KMSpico

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah membuka KMSpico ini dengan menggunakan klik kanan pada aplikasi kemudian pilih opsi “Run As Administrator” karena aktivasi Windows 10 ini hanya dapat dilakukan dengan melalui mode admin dan tidak dapat dilakukan jika melalui mode user yang biasa digunakan oleh banyak orang.

3. Mulai Tahap Aktivasi Windows 10

Setelah aplikasi KMSpico terbuka, Anda hanya perlu mengklik kata Activate yang tersedia kemudian menunggu hingga proses aktivasi tersebut selesai. Proses aktivasi ini biasanya tidak memerlukan waktu yang lama, mungkin hanya sekitar 3 menit saja. Ketika proses aktivasi selesai, Windows 10 dapat digunakan sepuasnya secara permanen.

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan KMSAuto Lite

Selain KMSpico, salah satu aplikasi aktivator yang terkenal akan keampuhannya dalam mengaktifkan segala jenis software termasuk dengan Windows 10 adalah KMSAuto Lite. Cara untuk melakukan aktivasi 10 menggunakan aplikasi KMSAuto Lite ini juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini.

1. Download Aplikasi KMS Auto Lite

Seperti yang telah diketahui, langkah pertama untuk melakukan aktivasi Windows 10 menggunakan KMSAuto Lite ini adalah mendownload aplikasi aktivator KMSAuto Lite terlebih dahulu. Sama halnya seperti KMSpico, ukuran dari KMSAuto Lite ini juga cukup kecil dan ringan sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendownloadnya.

2. Jalankan Aplikasi KMS Auto Lite

Sama seperti kebanyakan aplikasi, file hasil unduhan dari KMSAuto Lite ini biasanya berbentuk .rar. Maka dari itu, ekstrak file tersebut terlebih dahulu. Sebelum membuka file hasil pengekstrakan, alangkah lebih baik untuk mematikan antivirus terlebih dahulu karena sebagian besar antivirus akan mendeteksinya sebagai virus dan akan langsung menghapusnya.

3. Mulai Aktivasi Windows 10

Langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan memilih opsi “install GVLK” kemudian klik atau beri tanda centang pada kotak Forcibly lalu klik pada kata Windows Key. Tunggu hingga proses selesai. Perlu untuk Anda ketahui bahwa ketika proses ini berjalan, pastikan terlebih dahulu bahwa koneksi internet yang digunakan telah diputuskan agar tidak terjadi kegagalan.

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan KMSAuto Lite

Setelah proses loading selesai, Anda perlu melanjutkannya dengan klik opsi “install Activation” lalu klik “Activate Windows” di dalam kotak yang bertuliskan “Microsoft Product Activation”. Tunggu kembali hingga proses aktivasi ini selesai. Ketika proses aktivasi Windows 10 sudah selesai, silahkan restart PC yang digunakan.

4. Cek Aktivasi Pada Windows 10

Setelah PC di-restart dan sudah hidup lagi, kini saatnya Anda untuk mengecek apakah Windows 10 yang digunakan telah berhasil diaktifkan. Cara untuk mengecek aktivasi tersebut dengan menekan kombinasi tombol keyboard antara “Windows + X” kemudian “Command Prompt (Admin)”. Setelah itu ketik “slmgr/xpr” dan tekan enter. Tunggu selama sesaat dan Windows 10 telah berhasil diaktifkan.

Cara Aktivasi Windows 10 All Version Tanpa Software

Selain menggunakan berbagai aplikasi, Anda juga dapat mengaktifkan Windows 10 secara permanen secara offline. Dapat dikatakan bahwa cara ini merupakan cara yang mudah. Dalam cara yang satu ini, proses aktivasi hanya memerlukan Products Key agar semua fitur yang disediakan oleh Windows 10 dapat digunakan sepenuhnya. Untuk itu, berikut tahapan-tahapannya.

1. Cari Products Key

Tahap pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari Products Key atau Serial Number dari Windows 10. Pencarian Products Key ini tentunya harus sesuai dengan versi dari Windows 10 yang digunakan dalam PC Anda. Tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam pencariannya, karena untuk saat ini Products Key Windows 10 banyak tersedia di internet.

2. Matikan Internet

Setelah Anda menemukan sebuah Products Key yang sesuai dengan versi Windows 10 yang digunakan, maka copy atau salin Products Key tersebut dalam sebuah notes terlebih dahulu. Kemudian jangan lupa untuk mematikan internet ketika hendak mengaktivasi Windows 10 karena proses aktivasi ini akan gagal ketika terdeteksi oleh internet.

3. Melakukan Proses Aktivasi

Langkah terakhir yang harus dilakukan pastinya adalah mengaktifkan Windows 10. Cara untuk melakukan proses aktivasi ini sangat mudah. Anda hanya perlu membuka Setting Windows kemudian klik pada opsi Change Product Key. Setelah itu, PC yang digunakan akan melakukan restart secara otomatis dan Windows 10 yang telah diinstal sudah berhasil diaktivasi.

Dengan mengaktifkan Windows 10 melalui salah satu dari beberapa cara aktivasi Windows 10 di atas, tentunya Anda dapat menggunakan Windows 10 yang diinstal pada PC Anda secara maksimal beserta segala fitur yang disediakan. Namun kegagalan dalam berbagai proses aktivasi di atas juga dapat terjadi karena cara-cara di atas bukanlah resmi dari pihak Microsoft.

Leave a Reply